Rabu, 13 Maret 2019

Susu Bubuk Indomilk, Susu Dengan Nutrisi Lengkap Membantu Anak Tumbuh Tinggi, Tangguh Dan Tanggap

"Perlu nggak sih,  memberikan susu untuk anak 4 tahun ke atas? "tanya seorang ibu pada ahli gizi di sebuah seminar tentang kesehatan anak yang diadakan pada bulan Desember 2018 lalu .  Lalu oleh narasumber yang merupakan tenaga kesehatan di kotaku itu memberikan penjelasan bahwa anak setelah lepas sapih (atau tidak lagi minum air susu ibu)  tetap harus minum susu karena susu dengan nutrisi lengkap diperlukan oleh anak selama masa pertumbuhan mereka.

Saat ini,  Barra,  anak keduaku yang berumur 7 tahun sekarang sudah kelas 1 sekolah Dasar.  Saat memasuki usia sekolah dasar,  anak memperlukan nutrisi lengkap untuk aktivitasnya.  Anak SD jaman now sudah seabrek kegiatan dan pelajarannya.  Dari pagi mereka berangkat sekolah sampai siang untuk belajar dan bermain dengan teman-teman di sekolah. Sore masih juga ada kegiatan seperti les atau mengaji di masjid. Malam hari kegiatan  Barra di rumah adalah melakukan aktivitas yang santai dan menyenangkan seperti minta dibacakan buku cerita atau menceritakan kembali apa kegiatan tadi pagi sampai malam yang dia kerjakan dan perasaan-perasaan yang ingin disampaikan kepada mamanya.
Saat mengantar dan menjemput Barra aku memperhatikannya dengan beberapa teman sekelasnya. Dilihat dari teman-teman sebaya dan juga teman sekelasnya ada yang terlihat lebih tinggi daripada anakku.  Bukan termasuk anak pendek aih,  namun sebagai seorang ibu aku juga menginginkan anak laki-lakiku tumbuh tinggi secara fisik.  Siapa tahu,  dia nanti bercita-cita sebagai tentara yang tentu saja harus mempunyai syarat tinggi yang telah ditentukan. Anak tumbuh  tinggi secara fisik juga merupakan tanda bahwa ia cukup nutrisi dalam makanan sehari-hari yang dikonsumsi
Sekolah alam merupakan tempatnya belajar saat ini.  Sekolah yang banyak mengeksploitasi alam dan lingkungan, juga mempunyai materi studen scout sekolah alam.  Outbond berupa trekking menjelajah sungai sekitar sekolah,  hutan di halaman yang luas di sekolah, bermain di sawah adalalah setiap pekan dalam materi pelajarannya.

 Selain itu juga senam,  high impact dan low impact menjadi kegiatan rutin anak sekolah alam.  Sungguh sangat menantang menjadi anak sekolah alam. Selain itu pelajaran sekolah sesuai kurikulum juga diberikan sebagai pelajaran wajib. Untuk dapat memenuhi itu semua,  anakku perlu makanan terbaik. Makanan bergizi yang dia konsumsi sehari-hari dan tentu saja susu dengan nutrisi lengkap yang dapat menjadi Barra menjadi anak yang tumbuh tinggi secara fisik,  tapi juga tangguh menghadapi tantangan dan tanggap menyerap pelajaran
Dan pilihan untuk memberikan yang terbaik jatuh pada susu bubuk indomilk karena  merupakan susu dengan optinutri,  yaitu nutrisi optimal yang mengandung omega 3, sumber protein dan kalsium tinggi.  Sumber protein akan membangun dan memperbaikki jaringan tubuh,  agar menjadi anak TANGGUH dan tidak mudah sakit.  Omega 3 berfungsi memaksimalkan fungsi kerja otak,  agar anak TANGGAP menyerap semua pelajaran.  Susu dengan tinggi kalsium dapat menjaga anak untuk tumbuh TINGGI dalam pembentukan tulang dan gigi.
Yang perlu teman-teman ketahui bahwa omega-3 tidak dapat dibentuk oleh tubuh sendiri sehingga harus diperoleh dari luar tubuh yaitu dari makanan/minuman yang dikonsumsi.  Aku tidak sembarang memberikan susu bubuk untuk anakku.  Saat mencari review susu bubuk kebanyakkan susu bubuk mengandung gula tambahan.  Namun saat melihat komposisi susu bubuk indomilk aku melihat bahwa tidak mengandung tambahan gula sehingga tidak menyebabkan obesitas dan kerusakkan gigi pada anak. 

Minum susu bubuk indomilk sebaiknya 2x sehari ya teman-teman, karena akan dapat membantu anak tumbuh TINGGI,  TANGGUH dan TANGGAP. Mencari dan memberikan susu dengan omega 3 bukan al yang sulit ya teman-teman, karena aku mudah menemukannya di dalam susu bubuk indomilk. Teman-teman dapat memberikan susu bubuk indomilk seperti pilihanku.  Susu bubuk indomilk full cream instan ukuran 400 gram menjadi minuman favorit Barra dan juga pilihan terbaikku, karena setiap takaran sajinya mempunyai komposisi yang lengkap. Teman-teman bisa lihat dan membandingka perbedaan komposisi produk per takaran saji antara susu bubuk indomilk dengan produk sejenis ya.

Full Cream
                                          INDOMILK                                       Produk sejenis                 Produk sejenis
                                                                                                     Lainnya {1}                       Lainnya {2}
Omega 3 (mg)                        4                                                         -                                             -
Gula Total (g)                        -                                                             10                                        -
Protein (g)                             7                                                             6                                         6
Kalsium (mg)                        330                                                      275                                      330

Sedangkan untuk cara menyajikannya sangat mudah, hanya dengan menambahkan 3 sendok makan penuh atau setara dengan 30 g ke dalam satu gelas air masak hangat (180 ml) kemudian mengaduknya sampai larut. Barra bahkan bisa membuatnya sendiri jika saya sedang repot tak sempat membuatkan susu untuknya. “Mah, aku hari ini belum minum susu dua kali lho” katanya mengingatkanku. “Aku bikin sendiri ya ma” dia dengan semangat segera menyiapkan air hangat dan susu bubuk indomilk full cream kesukaannya.

Susu bubuk Indomilk juga tersedia dalam kemasan sachet cokelat 37 gram dan full cream & instan 27 gram yang makin bikin mudah dalam menyiapkannya ya. selain itu juga ada kemasan 400 mg dan 800 mg. Wah lengkap ya.
Sungguh sebagai seorang ibu aku sangat bersyukur sekali dengan adanya susu bubuk indomilk karena susu dengan omega 3 ini merupaka susu dengan nutrisi lengkap yang dapat membantu anak kesayanganku dalam menghadapi tantangan di era milenial ini. Era yang penuh tantangan karena kemajuan tekhnologi dan juga persaingan yang semakin berat. Aku bisa sedikit lega karena dengan memberikan nutrisi yang baik bagi otak dan pertumbuhannya, anakku dapat menggapai cita-cita. Teman-teman juga ya, berikan susu bubuk indomilk untuk membantu anak tumbuh tinggi secara fisik, tangguh menghadapi tantangan dan juga tanggap dalam menyerap pelajaran.
Semoga bermanfaat.
#SusuBubukIndomilk
#TinggiTangguhTanggap

Jumat, 08 Maret 2019

Ulang Tahun Gandjel Rel Ke-4 Di Resto PringSewu Semarang, Ruarrr Biasa.


Komunitas Blogger Semarang, the one and only Gandjel Rel

Selamat Ulang Tahun Gandjel Rel yang ke-4 tahun… Yeaayy semoga makin menginspirasi dan para blogger perempuan yang tergabung di dalamnya semakin produktif ya. Produktif menghasilkan karya yang bisa memberikan manfaat bagi para pembacanya. Aku bahagia bisa tergabung di dalam komunitas ini sejak tahun pertama didirikan. Banyak banget manfaat yang aku peroleh dari memperoleh teman baru yang sama-sama hobi ngeblog juga sering dapat info job.

Sejak pertama kali didirikan empat tahun yang lalu aku sudah tergabung di dalamnya dan sudah dua kali datang di acara ulang tahunnya. Semua berkesan dan seru karena antara anggota dan founder atau pendiri terjalin sangat akrab. Seneng banget bisa kenal dengan kelima founder GR yang selain cantic juga produktif ini. Mereka adalah Mak Dedew penulis buku bestseller Anak Kost Dodol dan beberapa buku lainnya, mak Wuri yang mantan reporter dan sekarang jadi copywriter. Ketiga founder GR yang lainnya adalah mak uniek, mba Tari dan mak Rahmi yang semuanya juga blogger.


 Oiya kalau teman-teman adalah perempuan dan punya blog, gabung yuk di sini. Gampang kan syaratnya, cukup dua itu ya, pastikan kalian perempuan dan punya blog ya apapun platformnya. Sampai saat ini, GR sudah punya member lebih dari 100 orang lho. Dengan tagline “ngeblog ben ra ngganjel” bikin kita semangat nulis biar segala ganjalan di hati bisa dihempaskan manjaaah. Bener kan, salah satu bentuk terapi adalah dengan menulis. Apalagi jika nulis di blog dan menghasilkan pundi-pundi rupiah dan segala manfaat yang lainnya. Yuk, join! (Berasa ajakan MLM ya) J

Ultah GR ke-4 Bersama Gus Mul

Ulang tahun ke-4 ini Gandjel Rel merayakannya dengan mengadakan acara yang keren banget. Acara yang bikin kita sebagai blogger dapat ilmu yang bergizi. Dengan narasumber Agus Mulyadi yang juga merupakan redaktur di mojok.co, kita dapat resep bagaimana cara nulis yang asyik dan enak dibaca dengan hal-hal yang ditemui sehari-hari. Beneran deh, mas Agus ini humoris banget dan enggak pelit bagi ilmu. Kok bisa ya, yang setiap hari kita temui bisa jadi tulisan penuh makna dan dengan sudut pandang yang berbeda. Hari Sabtu yang ceria di ultah ini bikin GRers (sebutan untuk anggota Gandjel Rel) ini bikin kita ger geran sepanjang acara. Seru!. Mas Agus Mulyadi atau yang akrab disapa Gus Mul ini walaupun penampilannya terlihat kalem dan pendiam tapi kalau sudah pegang mik jadi lucu dan tulisannya juga lucu tapi tetap berkualitas dong.

“Menulis Kreatif di Media Online” itulah tema  yang diberikan oleh narasumber kali ini. Jaman now sepertinya media online sudah nggak bisa dilepaskan dari kehidupan ya. Dari bangun tidur sampai mau tidur orang terhubung dengan internet. Dari anak sekolah dasar hingga emak-emak mau cari apa saja denan baca di gawai mereka. Makanya tema ini pas banget. Gimana cara nulis yang khas ala kita dengan pilihan kata atau diksi yang cetar ala-ala penulis. Nggak mungkin kalau penulis itu apaadanya, harus ada yang beda dong.

Gus Mul memberikan tips yang aku inget banget yaitu kalau jalan kemana aja, jangan lupa foto dan catat ya. Semuanya sekarang sudah bisa dilakukan dengan smartphone ya, jadi simple aja kan. Saat melihat yang unik difoto dan segera catat agar nggak lupa. Untuk contoh tulisan Gus Mul bisa dibaca di website pribadinya di alamat www.agusmulyadi.web.id serta www.agusmulyadi.com.




Ultah GR di Restoran Pring Sewu, Ruarrrr Biasa

Selain narasumber yang super seru, acara ulang tahun GR ke-4 ini diadakan di restoran yang ngehits banget di Semarang, manalagi kalua bukan Resto Pringsewu yang beralamat di Jalan Suari no 10-12 kota Lama. Aku pernah beberapa kali ke restoran Pringsewu dan selalu suka dengan masakannya dan tempatnya yang terkesan kuno tapi nyaman banget. Oiya restoran ini menempati bangunan peninggalan Oei Tiong Ham, Raja gula dari Semarang.

Bangunannya benar-benar unik dan masih terlihat aslinya walaupun beberapa ruangan sudah direnovasi. Teman-teman dapat memilih berbagai menu yang menggugah selera serta menjadikannya wisata kuliner yang tak terlupakan. Tak afdhol rasanya bila tak foto-foto di berbagai ruangan dan sudut yang memang cakep banget. Berasa terlempar ke masa lampu dan cakep banget untuk di upload di instragram. Inilah beberapa view di restoran PringSewu.



Bukan ultah kalau nggak makan-makan ya. Dan menu yang disajikan untuk acara ultah GR ini bener-bener enak. Saya yang niat diet jadi gagal diet karena lihat menu yang bikin perut jadi mendadak keroncongan dan nafsu makan meningkat hahaa.

Coba lihat deh, menu begini kan saying kalau nggak diicipin.


 Restoran Pringsewu juga punya sesuatu yang special lho yaitu teraz oei Tiong Ham. Sesuai namanya, teraz berarti beranda yang dibuka mulai sore hari hingga malam hari. Menunya juga pasti dijamin enak dong yaitu Roti ayam, roti keju, banana roll, tahu walik dan avocado Thai. Duh, jadi kepengen nongkrong di sini lagi sambal foto-foto cantik.








Sabtu, 24 November 2018

Pentas Budaya Nusantara : Puncak Tema Indonesia Culture Sekolah Alam Ar Ridho Semarang

Assalamualaikum teman-teman apa kabar? Semoga semuanya sehat ya. Hari ini, sekolah alam Ar Ridho Semarang punya gawe tahunan yang diadakan di tiap akhir semester satu. Sekolah di mana, anak saya menjadi siswa di kelas satu. Jadi saya merasa excited banget. Pentas ini dalam rangka muhadhoroh atau puncak tema dengan tema Indonesia Culture.
Sebelum puncak tema, beberapa pekan sebelumnya, untuk kelas satu, diawal tema mereka sudah diajak wisata ke Kebun Binatang yang ada di Mangkang. Kegiatan selanjutnya adalah mengenal kuliner dan tempat wisata yang ada di kota tercinta. Seru ya. Beberapa kegiatan saat tema Indonesia culture untuk kelas satu khususnya 1B ada di foto-foto berikut ya.
Dan hari ini, tanggal 24 November diselenggarakan pentas budaya nusantara yang diikuti bukan hanya dari siswa sekolah dasar alam Ar Ridho saja namun juga menampilkan kolaborasi antara wali murid dan wali siswa. Menampilkan bukan hanya budaya jawa saja namun dari seluruh nusantara dari ujung barat hingga ujung timur Indonesia.
Pentas budaya nusantara kali ini menunjuk tema “Keberagaman yang Menyatukan” dimana maksudnya adalah Indonesia yang begitu luas dan kaya akan Bahasa, budaya serta kuliner dipersatukan di sini, di sekolah alam Ar Ridho. Untuk kelas satu menampilkan budaya dari kota Semarang, untuk kelas dua tampil dengan cerita dari Jawa Barat, kelas tiga dari Aceh, kelas empat dari Sulawesi, kelas Lima dari NTT dan NTB serta kelas enam menampilkan cerita dari papua. Nggak hanya pentas saja namun masing-masing kelas juga mempunyai stand yang berisi hasil pembelajaran selama tema ini berlangsung, kuliner maupun oleh-oleh khas daerah masing-masing daerah.
Untuk kelas satu, duh kelas satu lagi, kelas satu lagi… Soalnya anak saya juga masih kelas satu dan bangga dengan bu guru serta kekompakkan mamah-mamahnya yang support acara ini. Proud of them. Stand kelas satu (dari kelas A,B dan C) ada nasi ayam yang enak banget dan murah meriah. Satu porsinya harga lima ribu rupiah yang sudah ada nasi, kuah labu siam yang mirip sama sayur sambal goreng serta ayam suir. Selain itu orang tua siswa juga berpartisipasi menjual makanan khas kota Semarang diantaranya bandeng presto dan lunpia. Yummyy…
Sekolah alam Ar Ridho sendiri selain taman kanak-kanak, sekolah dasar juga ada SMP dan SMM. Pada acara tadi, bazar diisi oleh kakak-kakak dari SMP dan SMM. Mereka sendiri lho yang jualan. Keren ya. Sudah diajarkan untuk wirausaha, melatih mereka mandiri dan mengatasi masalah.
Sepertinya saya kehabisan kata-kata untuk menggambarkan betapa seru dah meriahnya acara ini. Anak-anak yang kreatif dan mandiri, guru-guru yang super sabar dalam mendidik dan membersamai siswa kelas satu yang cerdas dan aktif ini 😊 serta orang tua yang support. Semoga apa yang kita kerjakan mendapatkan keberkahan. Aamiin






Senin, 09 Juli 2018

Asas Pemilu, Masih LUBER dan JURDIL.

Assalamualakikum teman-teman apa kabar? Aku di Semarang, baru saja memilih Gubernur yang baru lho. Di beberapa daerah di Indonesia beberapa waktu yang lalu memang secara serempak menyelengarakan pemilihan kepada daerah atau yang biasa disingkat pilkada.

Alhamdulillah, pilkada di propinsi tempat aku tinggal berlangsung aman dan lancar. Tidak ada isu money politik, atau isu SARA yang bisa memecah kerukunan warga. Tapi biasalah, yang memanas justru timeline di facebook dan media sosial lainnya dari masing-masing pendukung calon gubernur.

Kalau di timeline media sosialku memang adem ayem sih, karena yang bikin rusuh sudah aku tendang ...eh 😀. Sejauh ini yang aku amati, yang pilih calon pasangan no 1, yang heboh adalah emak-emaknya. Tahu kan siapa pasangan calon gubernur Jawa Tengah. Iyes, beliau adalah Bapak Ganjar Pranowo yang sekarang masih menjabat sebagai gubernur Jawa Tengah. Sedangkan lawan tandingnya adalah Bapak Sudirman Said dan Ibu Ida.

Aku sendiri memilih untuk tidak terlalu heboh mengkampanyekan calon gubernur pilihanku. Beberapa kali hanya share status seorang teman yang aku nilai berbobot dan tidak menjatuhkan lawan politiknya. Tonjolkan kelebihan diri sendiri, tanpa perlu mencari-cari kesalahan atau aib orang lain. Aku rasa lebih anggun dengan cara begitu. Aku juga lebih suka berkampanye secara langsung kepada keluarga atau tetangga sekitar rumah dengan cara kerja nyata, bukan koar-koar di dunia maya. Dih, cari aman ya mak?. Ah, enggak juga. Justru aku merasa aku sedang menggunakan hak ku sebagai warga negara, yaitu rahasia dalam menentukan hak politiknya. 

Di era milenial seperti saat ini rasanya apa saja diungkapkan di sosial media ya mak, termasuk aib rumah tangga sendiri. Dih, jangan sampai ya mak. Dan beberapa kali melewati pemilihan presiden pun tetap saja netizen tak mampu membendung hasrat kampanyenya di media sosial mereka. Ada beberapa yang berdalih, kampanye di sosial media milik mereka sendiri lebih cepat menyampaikan aspirasi dan memberikan nilai lebih pada calon pasangan pilihan mereka.

Jika Mak Umi memberikan ulasan politik yang enak dibaca namun berbobot dengan judul sambel politik, maka saya hanya ingin menambahkan sedikit saja bahwa jangan lupa jaga rahasia pilihan politik anda. Masih  ingat asas LUBER, kan?.  Sejak order baru asas pemilu adalah Luber yang berarti langsung, umum, bebas dan rahasia.

"LUBER" yang merupakan singkatan dari "Langsung, Umum, Bebas dan Rahasia". Oiya Asas "Luber" sudah ada sejak zaman era orde baru dan sejak era reformasi dikembangkan menjadi luber jurdil. 

"Langsung" berarti pemilih diharuskan memberikan suaranya secara langsung dan tidak boleh diwakilkan."Umum" berarti pemilihan umum dapat diikuti seluruh warga negara yang sudah memiliki hak menggunakan suara."Bebas" berarti pemilih diharuskan memberikan suaranya tanpa ada paksaan dari pihak manapun."Rahasia" berarti suara yang diberikan oleh pemilih bersifat rahasia hanya diketahui oleh si pemilih itu sendiri.

Asas "Jurdil" yang merupakan singkatan dari "Jujur dan Adil". "Jujur" mengandung arti bahwa pemilihan umum harus dilaksanakan sesuai dengan aturan untuk memastikan bahwa setiap warga negara yang memiliki hak dapat memilih sesuai dengan kehendaknya dan setiap suara pemilih memiliki nilai yang sama untuk menentukan wakil rakyat yang akan terpilih. Asas "adil" adalah perlakuan yang sama terhadap peserta pemilu dan pemilih, tanpa ada pengistimewaan ataupun diskriminasi terhadap peserta atau pemilih tertentu. 

Semoga bermanfaat.




Selasa, 24 April 2018

Tiga Buku Favorit Yang Penuh Inspirasi

Membaca buku yang baik berarti juga memberi rohani makanan yang baik~Buya Hamka. Aku suka banget dengan quote ini, karena buku-buku yang kita baca sejatinya dapat mempengaruhi kehidupan dan kualitas rohani kita sebagai pembacanya. Buku tidak hanya sebagai teman duduk atau penghilang rasa jenuh ketika menunggu. Lebih dari itu, buku bisa mempengaruhi pola pikir seseorang, seperti misalnya Budayawan, penulis motivator dan tokoh Masyarakat Semarang Pak Prie GS terinspirasi dari buku karya Rendra yang berjudul “Mempertimbangkan Tradisi”. Nah, ternyata memang benar, jika buku dapat menginspirasi dan mengubah pola pikir seseorang seperti tulisan Mak Sugi, yang bisa teman-teman baca disini ya. 

Buku yang ditulis oleh para pria beristri dan beranak yang follower twitternya ribuan orang ini heboh banget ngetweet tentang seluk beluk asi. Dari cuitan inilah mereka menerbitkan buku yang berjudul “Ayah Asi”. Ini adalah buku yang membuatku ingin menjadi penulis buku asi. Jika banyak pertanyaan tentang asi dan.menyusui bisa dilontarkan kepada para bapak-bapak dan mereka dengan lihai dan kocak menjawab menjawab persoalan tentang tetek #ups maka aku, yang pada saat itu sudah memiliki dua anak juga ingin berbagi pengalaman. 


Banyak yang mengira bahwa menyusui itu gampang dan alami, ternyata penuh tantangan dan perlu dukungan. Banyak yang berpikir bahwa menyusui hanya sekedar menyodorkan payudara ibu maka bayi akan dengan sendirinya menyusu, namun dalam praktiknya perlu banyak ilmu dan perjuangan. Buku asi yang merupakan buku solo perdananku mengulas banyak hal diantaranya menyusui bayi kembar, menyusui bayi prematur, hamil saat menyusui, donor asi dan lain sebagainya. Melalui buku inilah aku terinspirasi untuk berbagi semoga dengan hal ini jadi salah satu ladang pahala untukku ya. Aamiin. Jika ada yang mau, masih ada stock lho. Silakan hubungi aku ya. 

Buku “Fiqh Wanita” terbitan Pustaka Al.Kautsar ini hadiah dari seorang sahabat. Awalnya saya sering nanya tentang berbagai hal yang aku belum ketahui hukumnya. Misalnya, saat keguguran usia dibawah 8 minggu, maka darah yang keluar dianggap darah nifas atau bukan?. Ternyata bukan lho, itu darah atau flek saat keguguran dengan usia kandungan dibawah 8 minggu dianggap bukan nifas dan ibu tetap wajib salat serta ibadah wajib lainnya, seperti puasa saat Ramadan. Trus aku juga sering galau kalau pas menyusui boleh nggak cuma bayar fidyah saja tanpa harus mengganti puasa di hari yang lain. Iiissh emak, cuma pengen enak. Nggak bisa dong, puasa tetap harus diganti dengan hari yang lainnya atau istilahnya Qodo. 

Banyak banget ilmu tentang fiqh bagi kaum wanita yang bisa kita dapatkan di buku ini.  Buku “Fiqih Wanita” ini berisi antara lain mengenai wudhu, haid dan nifas, mandi, salat, jenazah, puasa, haji dan umrah, nikah, talak dan banyak hal lainnya. 

Dan inilah buku yang paling ngegemesin dan salah satu yang aku suka. Buku “Anak Kos Dodol” yang ditulis oleh teman baikku “Dewi Rieka” ini memang bener-bener gokil. Penulisnya juga asyik, ramah dan sering banget berbagi hal tentang kepenulisan.

Aku dan mak dedew, sapaan akrabnya memang berdomisili di daerah yang sama dan sering ketemu. Membaca buku ini, bikin aku pengen nulis cerita humor dan setelah mencobanya ternyata memang nggak mudah. Oiya, teman-teman juga bisa membaca tulisan mak Sugi yang suka buku sejarah. 

Oiya, sedikit intermezo, aku sekarang sedang memggarap buku solo tentang kehidupan single mom yang penuh lika-liku. Awalnya aku pengen cerita kalau nggak hanya penuh duka dan air mata saja namun hidup seorang ibu tunggal juga kadang ada cerita lucu dan mengundang gelak tawa saat aku sendiri mengalaminya dan menceritakan kepada orang lain. Namun ketika mencoba menulisnya, aku malah macet dan nggak bisa meneruskan. Akhirnya ide yang sudah ada aku teruskan dengan genre yang berbeda. Mohon doanya ya teman-teman semoga buku solo keduaku ini bisa lancar dan segera terbit. Aamiin. 

Nah, bagaimana dengan teman-teman. Buku apa yang paling menarik dan mampu mengubah pola pikir. Silakan beri komentar ya. Terima kasih.