Senin, 02 Maret 2009

Jika Anak Suka Menggigit

Menggigit diri sendiri atau orang lain kerap dilakukan balita untuk menyalurkan emosi negatifnya. Selain untuk menyalurkan kekesalannya, gigitan balita juga kerap dilakukannya sebagai upaya untuk menggoda atau menarik perhatian. Bagaimana mengatasinya?

- Bila si kecil menggigit untuk mengekspresikan rasa marah dan frustasi, saat ia mulai menggigit, pegang tangannya dan katakan bahwa ia tidak boleh berbuat demikian. Balita berusia satu tahun sudah mengerti apa yang Anda ucapkan. Jelaskan mengapa Anda melarangnya melakukan sesuatu.

- Saat ia sudah tenang, ajari si kecil untuk meminta maaf pada orang yang digigitnya. Tujuannya adalah untuk mengasah empati anak.

- Bila hobi menggigitnya dilakukan untuk menarik perhatian Anda, mungkin Anda perlu meluangkan waktu lebih banyak untuk bermain bersamanya. Namun, jangan langsung meladeninya begitu ia mulai menggigit. Biarkan ia tenang dulu, agar anak tidak memanipulasi Anda.

- Bila ada tanda-tanda ia mulai ingin menggigit, alihkan perhatian si kecil pada hal lain. Ajak ia untuk bermain atau bernyanyi. Jangan lupa untuk memuji si kecil bila ia bersikap baik dan tidak menggigit.


Sumber : Parenting
(www.kompas.com)

Tidak ada komentar: