Sabtu, 05 September 2009

KB alami


KB Alami adalah salah satu metode KB berdasarkan
timing (waktu) berhubungan seks sesuai dengan siklus haid wanita. Istilah lainnya "rythm methode", "safe periode", "abstinence" atau akhir2 ini disebut sebagai "fertility awareness". Mengingat begitu banyaknya keluhan wanita pemakai KB yang ada saat ini maka tidak ada salahnya untuk mencoba metode ini. Metode ini tidak hanya satu cara saja melainkan terdiri atas 5 cara:
1. Metode Suhu Basal tubuh
2. Metode lendir cervix/ovulasi
3. Methode Sympthotermal
4. Metode Kalender
5. Amenorea Laktasi (tidak haid selama menyusui)
Apapun methode yang dipakai, ada 2 hal yang terpenting yaitu: minta petunjuk/latihan profesional dan konsisten dalam menjalani metode yang dipilih.

Metode Suhu Basal Tubuh
Suhu basal adalah suhu tubuh sebelum ada aktifitas apapun, biasanya diambil pada saat bangun tidur dan belum meninggalkan tempat tidur. Suhu basal tubuh akan meningkat setelah ovulasi. Pencatatan suhu dilakukan setiap hari pada sebuah tabel/kertas grafik
Contohnya grafiknya seperti ini :

Metode Lendir Serviks
Metode berdasarkan lendir serviks yang muncul dalam siklus wanita. Lendir ini dicek di vagina. Sesudah haid vagina biasanya kering. Setelah itu muncul lendir yang lengket (sticky). Sesaat sebelum ovulasi, lendir berubah menjadi basah dan licin (wet and slippery). Hari terakhir basah karena lendir ini biasanya bersamaan dengan ovulasi.

Metode Sympthotermal
Metode ini menggabungkan kedua metode diatas. Selanjutnya wanita disuruh mencari tanda tanda ovulasi lainnya yaitu: nyeri perut (cramps), spotting dan perubahan posisi serta konsistensi serviks. Metode ini sedikit lebih unggul karena mengkombinasi berbagai variabel. Tetapi tetap juga memiliki keterbatasan.

Methode Kalender
Sudah pernah dijelaskan dengan memakai gadget (BACA DISINI). Kalau kebetulan nggak punya komputer yang ada internetnya, dapat melakukan penghitungan secara manual. Tetapi sebelumnya harus dicatat siklus haid selama 6 bulan. Yang paling normal haid adalah 28 hari, tetapi masih dianggap normal jika antara 21-35 hari. Masa subur awal didapatkan dengan siklus terpendek dikurangi 18 dan akhir masa subur adalah siklus terpanjang dikurangi 11. Misalnya siklus terpendek 25 hari dan terpanjang 35 hari, maka waktu subur adalah antara hari ke 7 s/d 24.

Metode Amenorea Laktasi
Pada periode menyususi sering wanita menjadi tidak haid akibat hormon laktasi. Ternyata disamping haid, ovulasi juga ikut terhambat. Supaya methode ini bekerja dengan baik, ibu2 harus memberikan ASI saja (eksklusif). Interval menyusui pada malam hari tidak melebihi 6 jam dan interval siang tidak lebih 4 jam. Semakin sering dan lama bayi menyusui maka semakin kecil ovulasi akan timbul. Dalam 6 bulan pertama jika diterapkan dengan benar angka kehamilannya hanya 2 %. Jika perdarahan (haid) muncul maka kemungkinan hamil semakin muncul.

Terakhir Metode KB Alami hanya akan bekerja dengan baik jika pasangan selalu menerapkannya dengan tepat. Pastikan anda mengerti betul akan metode yang akan dipilih.

Sebagai tambahan metode ovulasi sekarang dapat di cek dengan test kit prediksi ovulasi. Jadi gunanya bisa untuk mempermudah kehamilan juga bisa untuk menghindari kehamilan.
Sumber : ACOG

1 komentar:

plovea mengatakan...

hai mbak, salam kenal. Jalan2 ke blog mbak, ternyata banyak artikel menarik juga ya...

Ttg KB alami dgn menyusui ini, saya juga sedang menjalaninya. Anak saya sekarang usianya 9bulan, puji Tuhan kmrn lulus ASIX 6bulan dan ASI-nya teuteup sampe skrg. Hingga hari ini siklus haid saya blm juga datang, he he, sepertinya KB alami-nya berhasil ya..

Btw, blognya saya link ya mbak..