Selasa, 17 Desember 2013

Keluhan Selama Hamil


Hamil adalah hal yang menyenangkan dan membahagiakan, karena akan hadir bayi mungil sebagai  keluarga baru. Kehadiranya dinantikan selama 9 bulan dan selama itu ibu hamil akan mengalami berbagai macam perubahan baik perubahan secara fisik maupun emosi. Perubahan tersebut karena pengaruh hormon selama kehamilan.

TRIMESTER AWAL (0-14 MINGGU)

·         Haid berhenti dan payudaran akan terasa sakit. Ibu hamil dapat menggunakan bra yang lebih besar dari ukuran sebelum hamil agar merasa nyaman dan payudara tidak sakit.

·         Perubahan suasana hati yang tidak menentu. Ibu hamil dapat berbagi dengan sesama ibu atau orang-orang di sekitar.

·         Merasa tidak bergairah, merasa cepat lelah dan mengantuk. Hal itu adalah normal, maka ibu hamil disarankan lebih banyak istirahat dan hentikan kegiatan bila merasa lelah.

·         Lebih sering buang air kecil. Pembesaran ukuran rahim akan menekan kandung kemih maka jangan tunda bila ingin bak, menahan bak dapat menyebabkan infeksi saluran kencing

·         Mual dan muntah di pagi hari atau dapat juga sepanjang hari. Sediakan makanan ringan saat ibu bangun tidur dan sebelum beranjak dari tempat tidur. Makan dalam jumlah sedikit namun sering dapat meringankan gejala mual muntah

·         Meningkatnya lendir vagina. Ibu hamil akan merasa lebih sering keputihan dan lebih banyak. Hal ini karena pengaruh hormon, maka jaga kebersihan di daerah organ intim dengan mengeringkan setelah bak dan pakai celana dalam dari bahan katun.

·         Pusing ringan. Banyaklah istirahat dan lakukan olah raga ringan untuk mengindari pusing.

 TRIMESTER KEDUA (15-27 MINGGU)

·         Gusi merah dan meradang. Jaga kebersihan mulut. Gosok gigi secara teratur.

·         Hidung tersumbat dan mimisan. Jangan panik bila tiba-tiba keluar darah dari hidung (mimisan). Langkah pertama, ibu dapat menyiapan air panas dan hirup uapnya untuk menghentikan mimisan.

·         Konstipasi atau sembelit. Untuk menghindarinya minum air 8 gelas sehari dan banyak makan sayur-sayuran dan buah-buahan yang tinggi serat.

·         Selangkangan terasa sakit. Cara mengatasinya ; jangan buka kaki lebar-lebar dan jangan mendorong benda menggunakan kaki.

·         Sedikit bengkak pada pergelangan kaki,tangan dan wajah (edema). Cara mengatasinya dengan menaikkan kaki saat tidur atau saat istirahat, berbaring pada sisi kiri, hindari menggunakan pakaian atau asesoris yang ketat dan melakukan olah  raga ringan secara teratur.

·         Punggung bawah sakit. Untuk mengatasinya duduk bersandar lurus jika memungkinkan, jangan mengangkat benda-benda berat dan lakukan olah raga secara teratur.

·         Penggelapan kulit, terjadi karena pigmentasi pada daerah tertentu seperti wajah dan leher. Hal ini membuat seperti daki dan ibu menjadi risih. Penggelapan kulit ini akan menghilang saat sesudah kelahiran. Ibu hamil dapat menggunakan kosmetik yang aman untuk menyamarkan perbedaan warna kulit.


 Hamil Barra (anak ke dua), usia kandungan 6 bulan tetap beraktifitas dan bersemangat ^.^ ( foto dokumen pribadi)

TRIMESTER KETIGA (28-40 MINGGU)

·         Strech Mark. Muncul garis-garis halus berwarna putih kemerahan , kehitaman pada perut, paha dan payudara. Hal ini terjadi karena kulit mengalami peregangan yang luar biasa selama kehamilan.Kenaikkan berat badan selama hamil dan membersarnya bagian tubuh tertentu menjadi sebab strch mark. Untuk mencegahnya ibu dapat menggunakan lotion khusus untuk strech mark yang aman bagi janin

·         Perasaan ragu-ragu atau takut tentang persalinan nanti yang akan dihadapi. Bergabung dengan komunitas ibu hamil dapat menenangkan perasaan. Ibu akan mendapat dukungan dan semangat positif. Bicarakan juga dengan suami dan keluarga. Perbanyak berdoa, memohon agar diberikan kemudahan dan kesehatan serta keselamatan saat persalinan nanti

·         Kram otot. Cara mengatasinya ; hindari kelelahan saat melakukan kegiatan, lakukan olah raga ringan secara teratur.

·         Dada perih dan terasa sesak karena ukuran bayi yang semakin besar. Untuk mengatasinya ; hindari pakaian ketat, makan dalam porsi sedikit namun sering, jangan langsung tidur sesudah makan, hindari makan gorengan dan pedas dan posisi kepala dan bahu lebih tinggi saat ibu beristirahat.

·         Susah tidur. Bayi yang ukuran besar jika bergerak akan membuat ibu merasa tidak  nyaman dan susah tidur, maka carilah waktu kapan anda dapat istirahat dengan baik. Ibu dapat juga melakukan relaksasi dan mendengarkan musik yang menenangkan.

·         Kontraksi palsu atau Braxton Hicks. Ibu hamil akan mengalami kontraksi yang tidak teratur dan hilang bila ibu tidur atau istirahat. Hal ini wajar karena untuk persiapan persalinan. Ibu dapat menyiapkan segala perlengkapan ibu dan bayi dalam satu tas, apabila kontraksi datang maka ibu dapat segera menuju ke bidan atau rumah sakit.


Daftar Pustaka

Dr. Suwignyo Siswosuharjo, Sp.OG., Mkes dan Fitria Chakrawati, S.Sos.,MM Panduan Super Lengkap Hamil Sehat, Penebar Plus, Depok, 2011

Ira Puspitorini, Intisari lengkap Kebidanan dan Keperawatan Panduan Cerdas Kehamilan dan Perawatan bayi, New Diglossia, Yogyakarta, 2011

Tidak ada komentar: