Rabu, 24 Desember 2014

Kewajiban Istri Dalam Berumah tangga

Teman-teman, saya ingin sharing isi pengajian Khoirunnisa dengan tema rumah tangga kewajiban antara suami dan istri. Ibu...ibu apa sih kewajiban seorang istri? tanya bu Lia sebagai pembicara. Lalu seorang jamaah menjawab
1. Melayani suami lahir dan batin.
2. Patuh terhadap suami
3. Mendidik anak
Hmm...Banyak juga ya, tapiii ternyata kewajiban istri hanya satu yaitu : Melayani Suami di atas ranjang
Cleguk...serius bun, hanya itu saja. Gampillll dong. Eits tunggu dulu. Sebelumnya kita akan bahas tentang Mizaqan ghalizan (perjanjian yang teguh). Di alam semesta ini hanya terdapat dua perjanjian teguh yaitu saat para Nabi diangkat sebagai Nabi oleh Allah Subhanahu Wataalaa dan saat ijab qobul yang disaksikan oleh seluruh malaikat. Saat kita masih anak-anak, buku amal kita berada di pundak ayah (kita pacaran, berduaan/khalwat, bergandengan tangan dengan pacar, tidak menutup aurat maka sang ayah yang akan dimintakan pertanggungjawaban). Yuk bun, banyak-banyak mohonkan  ampun untuk ayah kita. Lalu saat nikah, buku amal kita pindah ke pundak suami. Jadi saat istri tidak menutup aurat, suami yang akan dimintakan pertanggungjawaban. Setelah ijab qobul itulah fajri (lubang kemaluan) menjadi halal bagi suami. Lalu tugas-tugas rumah tangga yang lainnya seperti membersihkan rumah, belanja, masak bahkan mendidik anak adalah tugas suami? Waahh...asyiikkk nih. Beberapa ibu senyum-senyum puas bahkan ada yang ingin ngacir pulang untuk ngasih tahu hal ini pada suami. Ups...hihihi.

Lanjut yuk, akan tetapi karena berbeda kultur maka istri bisa tetap mengurus rumah tangga bahkan mencari nafkah. Semua itu akan dinilai sebagai tabungan surga. Aamiin. Ingin merasakan surga di dunia? Letaknya tidaklah jauh. Surga dunia adalah kehidupan rumah tangga kita. Maka ada beberapa adab yang bisa dijadikan pegangan antara lain dengan sering memuji suami. Jangan segan untuk memuji suami. Katakan kita sangat bangga dan bahagia dengan apa yang telah suami capai. Selalu bersyukur dengan pemberian suami. Karena sesungguhnya di neraka penghuninya sebagian besar perempuan, karena mereka kurang rasa bersyukurnya. #Istiqhfar

Kamis, 30 Oktober 2014

RMHC - Untuk Anak Indonesia Yang Sehat dan Sejahtera

Memiliki anak yang lucu,pintar,menggemaskan dan sehat pasti menjadi dambaan setiap orang tua. Saya juga seperti itu. Bagi saya, anak adalah penyemangat dalam hidup. Penghibur di kala sedang terpuruk. Melihat senyum mereka maka hilang segala penat setelah berjibaku dengan rutinitas sehari-hari.

Anak dapat tumbuh dengan sehat dan pintar dengan cara menstimulasi tumbuh kembangnya dengan penuh rasa cinta. Menemani mereka bermain, memeluk dan membuat mereka merasa nyaman akan menjadikannya tumbuh dengan sehat. Selain itu asupan nutrisi yang bergizi akan menjadikan anak sehat serta pintar. Dua h yang bisa saya laksanakan secara bersamaan yaitu dengan mengajaknya ke restoran Mc.Donald. Disana mereka dapat bermain dengan gembira dan setelahnya menyantap menu yang sehat dan tentu saja enak.

Ternyata di Mc.Donald kita tidak hanya makan dengan suasana homey tetapi juga berdonasi  Karena McDonald ini juga mempunyai yayasan non profit yang sangat peduli dengan kesehatan dan kesejahteraan anak-anak. Ronald McDonald House Charities mempunyai misi untuk menciptakan, menemukan dan mendukung program-program yang secara langsung meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan anak di seluruh dunia.
RMHC di masing-masing negara dapat menjalankan program tambahan yang tepat bagi peningkatan kesejahteraan anak-anak dinegara tersebut dan berupaya memberikan dampak langsung dan positif terhadap kehidupan anak-anak melalui RMHC di 57 negara dengan tiga program utama :
Ronald McDonald House
Ronald McDonald Family Room
Ronald McDonald Care Mobile
Di Indonesia sudah ada program Ronald McDonald Family Room dan Ronald McDonald Care Mobile.
Ronald McDonald Care Mobile
Yayasan Ronald McDonald House Charity bekerjasama dengan Kementrian Kesehatan dan Dinas Kesehatan (DKI dan Jawa Barat) untuk program ini yaitu sebuah klinik berjalan yang rutin melakukan pemberian imunisasi wajib serta pelayanan konsultasi dan pemeriksaan bagi anak-anak yang membutuhkan. Selain itu juga ada penyuluhan kesehatan dasar serta pemantauan dan konsultasi gizi.

Ronald McDonald Family Room
Sebuah ruang khusus bagi keluarga dan pasien anak rawat inap yang menjadi bagian dari sebuah Rumah Sakit. Disalah satu pojok program ini terdapat tempat bermain anak yang dilengkapi dengan buku-buku, alat permainan dan personal computer.

Teman-teman dapat melakukan donasi dengan cara menyalurkan bantuan melalui rekening Yayasan Ronald McDonald Charities
Bank BCA no rekening :03.53163.300
Bank OCBC no rekening : 5458.0000.9445
atau dapat disalurkan melalui Box Donasi RMHC di setiap restoran McDonald's Indonesia

Langkah paling mudah namun sangat berarti yaitu dengan menuliskan kata-kata penyemangat untuk pasien anak. Teman-teman bisa mengunjungi website : www.stripesforlove.com

Keterangan foto
1.Makan di McDonald Enak Mah
2. Ronald McDonald Family Room

Referensi : www.rmhc.or.id

Jumat, 26 September 2014

Sabar dan Kuatkanlah kesabaranmu

Tumben nih daku nulis isi pengajian, iya soalnya temanya jleb banget. kena di hati para jamaah yg anggotanya ibu-ibu :-) Penyampaian ustadzahnya jugaa enak. Smangat tapi ademm, iya nggak ibu-ibu pengajian Choirunnisaa Bukit Emerald yang kece-kece

Tanda orang yang mendapat rahmat (kasih sayang) dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala ada 3 yaitu
1. Mendapatkan fasilitas/sarana/peluang untuk melakukan kebaikkan. Contohnya adalah ketika datang seorang pengemis, kita akan memberikannya sedekah atau mengusirnya. Pengemis itu didatangkan Alloh kepada kita. Ga perlu kita bertanya-tanya nanti uang yang kita kasih dipakai untuk apa. Karena datangnya pengemis juga peluang untuk melakukan kebaikkan. Bila ada peluang kebaikkan maka itu datangnya dari Allah dan sikap kita untuk mengambil peluang tersebut atau tidak.Ingat ya,PELUANG . kata ini sempat jadi trendsetter di sini hehehe
2. Mendapatkan waktu untuk melakukan kebaikkan. contohnya seorang ibu ketika dalam sehari pekerjaannya dalam rumah tangga selesai tepat waktu dan bisa melakukan ibadah-ibadah (salat wajib, salat dhuha, tilawah dll) maka Alloh sedang merahmatinya.
3. Mendapatkan keadaan/suasana untuk melakukan kebaikkan. contohnya adalah ketika keluarga ingin pergi/wisata kok ternyata anak rewel, kemrungsung atau ga tenang, suasana tidak nyaman maka Allah belum merahmatinya.Pingin happy2 malah yang ada suami-istri bermuka cemberut semua. Maluu dong sama kucing...meong...meong...meong.

Sabar itu tidak mengeluh/berkeluh kesah.
Dalam Al'Quran disebutkan "bersabarlah dan kuatkanlah kesabaranmu". Jika kita merasa kesabaran telah habis maka lebih dan kuatkan kesabaran.

Perintah sabar juga terdapat di dalam Al'Quran sama seperti perintah salat, puasa, haji . Akan tetapi jika salat ada waktu datangnya begitu juga puasa saat Ramadhan tetapi sabar tidak diketahui kapan datangnya . Siaga setiap saat.
Dikisahkan saat ibu Hajar berada diantara bukit Shofa dan Marwah beliau mencari air demi putranya Ismail yang sedang kehausan. Berlari di shofa hanya ada gurun pasir yang tandus, maka beliau kembali berlari ke marwah disana juga hanya ada gurun yang panas dan tandus. Jika kembali lagi ke shofa, menurut nalar manusia juga tidak akan menemukan apa-apa. Akan tetapi ibu Hajar kembali lagi ke shofa, ke marwah begitu seterusnya sampai tujuh kali dan saat itu sudah tidak kuat lagi berlari dan jatuh terduduk di dekat putranya. Maka Alloh kemudian mengalirkan air zam-zam di kaki Ismail. (#daku sampai disini udah mbrebes mili lhoooo....beneran. Ingat anak lanang tercinta. Apa slama ini belum berusaha sekuat tenaga ya, tapi masih banyak mengeluhnya :-(. Baiklah mulai saat ini sabar dan berusaha sampai maksimal. Semangat! Ibu-ibu jamaah pas bagian ini juga banyak yang ngangguk-angguk. entah setuju atau karena ngantuk ya hehee ). Yuk lanjut lagi. Jadi jika saat itu ibu Hajar bolak-balik shofa - marwah hanya 4 kali dan sudah berhenti, mengeluh capek mungkin barangkali Allah tidak akan mengalirkan zam-zam yang setiap detiknya bisa mencapai 19 liter dan terus mengalir sepanjang masa. Subhanallah...
Sabar itu adzannya saat terjadi musibah dan indikator keberhasilannya adalah Ikhlas.

Dalam Al Quran surah Al Insan (76) ayat ke2 : Sesungguhnya kami telah menciptakan setetes mani yang telah bercampur yang Kami hendak mengujinya dengan perintah dan larangan, karena itu Kami jadikan dia mendengar dan melihat.
Ujian itu bisa melalui mata dan telinga. Maka disarankan kaum laki-laki ketika bicara dengan lawan jenis untuk menundukkan pandangan. Bahasa kerennya ghaddul bashor.

Sama juga sih kayak saya, seneng melihat barang yang indah apalagi kalo ada diskon *kekep dompet. Haduh kalo diuji seperti ini harus banyak sabar. kalo nggak uang belanja sebulan melayang hahaha..

Kamis, 19 Juni 2014

[REVIEW BUKU] RHAPSODY

judul : Rhapsody
Penulis :Mahir Pradana
Editor :Ayuning
Cetakan kedua :2014
ISBN : 979-780-656-1
Vii+322 hal ; 13x19cm
Penerbit : GagasMedia 2013

Beginilah jika seorang traveller menulis novel, hasilnya memuaskan pembaca dan sempurna! Cerita dengan setting Makassar, walaupun saya belum pernah kesana tapi saya mendapatkan kesan mendalam terhadap kota itu. Apalagi dengan percakapan antara tokoh utama bernama Al (Abdul Latif) dengan asistennya yang lemah gemulai bernama Bebi a.k.a Bambang :))

Saya sempat tertawa sejenak dengan dialek Makasar, yang disebut okkots, yang menambahkan huruf g jika kata terakhir n, seperti nonton jadi nontong, hujan menjadi hujang dan menghilangkan huruf g seperti ujung menjadi ujun :))

Dengan alur lompat, novel ini tidak membosankan saat pertama kali dibaca, apalagi berita di TV yang memberitakan kecelakaan kapal di Laut Sewu sehingga membuat Al, Bebi, dan Simon (tour guide) tersentak ketika salah satu nama disebutkan.Siapa dia?. Saya penasaran. Sungguh Penasaran!

Selain Makasar, Mahir juga menuliskan keindahan kota-kota di Eropa seperti Madrid, Praha dan Berlin.Dengan bumbu percintaan antara Al dengan Nadia yang kemudian putus karena Nadia selingkuh lalu Al dengan Sari Desiana, membuat novel Rhapsody terasa lebih hidup.

Al mengelola sebuah hostel dengan nama Makassar Paradise Hostel. Dalam 3 bulan pertama hanya beberapa tamu saja yang menginap,padahal seluruh tabungan Al diinvestasikan di hostel yang merupakan warisan almarhum ayahanda. Dalam keadaan putus asa karena hampir saja menutup hostel miliknya datang seorang warga negara asing bernama Miguel Luis Carrion Martinez.

Miguel mempunyai ide-ide yang membuat hostel semakin diminati para wisatawan. Al sempat bingung kenapa pria ini sangat tulus membantunya. Ternyata semua karena "banco de favores". Di akhir novel diceritakan Miguel akhirnya menikah dengan Siska, kakak perempuan Al dan mempunyai bayi.

Selain kisah cinta tokoh-tokoh didalamnya, novel ini juga menceritakan konflik jatuh bangun Makassar Paradise Hostel yang diberitakan menjadi tempat mesum dan perdagangan narkoba. Dengan bantuan Miguel, Al berhasil membersihkan nama baik hostel warisan keluarganya itu.

Rabu, 18 Juni 2014

Minggu, 01 Juni 2014

Alhamdulillah... Cantiknya Bayiku :-)

Tanggal 31 Mei 2014 di pagi hari aku mengalami bercak / flek coklat. Hmm...sudah mempunyai pengalaman melahirkan sebanyak dua kali tapi tetap saja bingung apa ini tanda-tanda melahirkan ya. Hari Perkiraan lahir masih tanggal 12 Juni jadi pas tanggal 30 Mei usia kehamilan 38 Minggu. Dua hari sebelumnya susah tidur karena perut terasa nyeri karena kontraksi palsu. Beberapa minggu sebelumnya aku ajak ngobrol bayi di perut "adek ntar lahirnya akhir bulan yuuk, mama sudah nggak sabar ingin berjumpa". Alhamdulillah, adik pintar dan nurut, lahir pas akhir bulan :-)

31 Mei aku berangkat ke Rumah Sakit Islam Sultan di jalan Kaligawe. Sekitar pukul 13.30 masuk UGD ternyata sudah pembukaan 3. Masih bisa jalan-jalan saya dan suami berkeliling di sekitar rumah sakit. Oiya anak-anak dititipkan di rumah penitipan anak yang kebetulan masih punya tetangga di kompleks perumahan. Pukul 4 sore aku dipasang infus dan dipindah ke ruang VK. Disana masih bisa narsis dan foto-foto :-)) Pukul 16.30 ternyata masih pembukaan 3. Duuh, jangan-jangan akan diinduksi lagi seperti proses dua kelahiran sebelumnya. Tapi suami selalu optimis aku bisa melahirkan spontan. Sekitar pukul 20.00 kontraksi semakin sering dan kuat. Dari 5 menit sekali menjadi 3 menit sekali. Dari posisi miring kiri saya ambil posisi duduk sambil memeluk erat suami saat kontraksi datang. Meremas bahu atau tangannya. Suami juga telaten mengingatkan jika tidak boleh mengejan dulu dan sesekali mengelus punggung bawah saat kontraksi datang. Daaan pyuuurrr air ketuban pecah dan dicek sudah bukaan 6 ke 7.Tidak ada satu menit saya bilang ingin mengejan ternyata sudah bukaan lengkap... Huaaahh akhirnyaa saat pertemuan yang dinantikan akan tiba. Sudah siap eeh kok kontraksi malah hilang. akhirnya ditunggu beberapa saat dan....gelombang cinta pun datang..Alhamdulillah, aku nggak lupa cara mengejan yang baik dan benar. Dan pukul 22.15 wib putri kecilku hadir menyapa dunia.

Selasa, 06 Mei 2014

Buku Keren : Buku Pintar ASI Eksklusif


Judul Buku : Buku Pintar ASI Eksklusif
Penyunting : Esvandiari Sant
Pemeriksa Aksara : Aminah Mustari
Cetakan Pertama : Maret 2014
Jumlah halaman : 240 halaman, 14x21,5 cm
ISBN : 978-602--1695-06-7
Diterbitkan Oleh : Penerbit Salsabila ( Pustaka AlKautsar Group)
Harga : Rp 46.000,-


Kapan sih saat yang tepat untuk memulai belajar tentang ASI dan menyusui? Saat hamil atau saat baby sudah lahir? Tetot jawabannya salah semua. Belajar dan menggali ilmu tentang asi dapat dilakukan sedini mungkin. Saat masih merencanakan pernikahan, jauh-jauh hari sebelum buah hati lahir menjadi waktu yang tepat untuk belajar tentang ASI. Kenapa? Saat itu masih ada banyak waktu, jadi bisa belajar banyak banyak hal. Karena  ilmu tentang ASI dan menyusui sangatttt banyakkk dan luas. Bukan hal sulit tapi banyak tantangannya. Maka jika bayi sudah lahir, orang tua akan disibukkan dengan segala urusan bayi, jadi mana sempat untuk membaca atau belajar J . Maka buku ini sangat cocok sekali bagi calon ibu, calon ayah yang ingin memberikan yang terbaik bagi buah hatinya kelak.
Keunggulan Buku Pintar Asi Eksklusif ;

Cover Unyu-unyu



Melihat buku untuk yang pertama kali pastinya yang dilihat adalah covernya... Cover buku ini lucuuu. Berbeda dengan buku non fiksi ( parenting) lainnya yang cenderung covernya saja sudah terlihat “berat”.  Cover Buku Pintar ASI Eksklusif mempunyai tampilan yang lebih berwarna, cerah ceria dan lucu! Hehe. Membaca sekilas covernya, pembaca akan diberi sedikit bocoran isinya yaitu tentang; Rahasia sukses menyusui, Inisiasi Menyusu Dini (IMD), Tips ASI Bayi Ibu Bekerja, Panduan Lengkap Menyusui, Memuat Kisah Motivasi Pejuang ASI dan Dilengkapi info penting pendukung ASI Eksklusif.

 

Bahasa yang ringan dan mengalir, isi lengkap dan praktis.



 

Terimakasih kepada dr. Fransiska Sri Susanti, Sp.A yang juga seorang konselor laktasi karena telah berkenan memberikan kata pengantar dan endorsement untuk Buku Pintar ASI Eksklusif. Menurut beliau; Buku ini baik sekali sebagai sumber informasi yang lengkap dan juga praktis dan sederhana untuk siapapun yang ingin mendapatkan informasi yang tepat tentang ASI dan menyusui. Isi buku ini sangat lengkap dan disusun secara baik sehingga pembaca yang awam sekalipun dapat mengambil  pengetahuan dengan mudah lewat buku ini.

Ilustrasi Menarik


 





Buku ini juga dilengkapi ilustrasi yang menarik, seperti pada halaman 31 Bab Berbagai Macam Posisi Menyusui. Pembaca dapat segera mengetahui dengan jelas dari ilustrasi buku ini. Bagaimana cara menyusui dengan posisi berbaring dan berbagai macam posisi lainnya. Ilustrasi lainnya juga lengkap seperti gambar cup feeder, jenis pompa asi, perbedaan asi dan kolostrum serta ilustrasi pendukung lainnya.

Dilengkapi Daftar Klinik Laktasi di Seluruh Indonesia
Buku keren ini juga dileengkapi dengan lampiran-lampiran hal yang mendukung suksesnya menyusui seperti daftar klinik laktasi seluruh Indonesia, grup yang mensupport ibu menyusui serta peraturan pemerintah tentang pemberian ASI Eksklusif.
 


 

 

Resensi Buku : Pillow Talk Setiap hati Punya Rahasia


 
 
 
Judul Buku : Pillow Talk Setiap hati Punya Rahasia
Penulis : Christian Simamora
Editor : Gita Romadhona
Penerbit : Gagas Media
Jumlah halaman : 430 halaman, 13 X 19 cm
ISBN : 979-780-689-8
Novel Dewasa
 
Seperti yang selalu Dimas tekankan, mereka nggak ‘Having sex’ bukan ‘making love’.  itulah kalimat pertama di halaman pertama novel dewasa ini. Untuk halaman selanjutnya akan ada kata-kata sejenis dengan sex dan love, seperti butt, onani, fuckin buddies, tapi semuanya di satukan dalam dialog dan kalimat yang renyah dan penuh humor. Bahasa penulis yang ceplas ceplos ( apa adanya), lucu  dan ringan mengalir dan ada selipan kata-kata khas dewasa  membuat novel ini jadi sangat mudah dibaca dan nggak ngebosenin. Hmm.. saya jadi berpikir apa karena klub buku “Ibu Ibu Gemar Baca” yang anggotanya sudah pasti perempuan dewasa ini maka Gagas Media di Arisan Buku putaran ke dua ini memilihkan novel dewasa untuk kami . Cocok! . Jadi yang masih berseragam putih abu-abu jangan dulu baca novel ini yak :-D
Emi, cewek mandiri, umur 24 tahun dan mempunyai prinsip : pacaran dengan sahabat adalah INSES. Dosa besar!. Kisah masa lalu saat SMA, Emi, Santo dan Jo bersahabat. Emi berpacaran dengan Santo, dan ujung-ujungnya ngasih pelajaran hidup nomor satu : jangan pernah pacaran dengan sahabat sendiri.  Emi sangat dekat dengan Jo, jika butuh apa-apa tinggal sms atau telpon maka dalam sekejap Jo akan ada di hadapannya dan menemani gadis itu, walaupun Jo harus meninggalkan pekerjaan atau saat sedang bersama pacarnya. Itulah yang membuat pacar Jo selalu cemburu karena dinomor duakan. Jo melakukan itu karena dia sangat sayang dengan Emi, tapi prinsip Emi yang menjadi penghalang perasaan mereka. Jo mampu melakukan peran ganda, sahabat yang selalu ada dan cowok yang diam-diam mencintai Emi.
Kami ‘bersahabat sejak kecil
Tepatnya, kalau ada kata lain untuk
Menggambarkan sesuatu yang melampaui
‘sahabat’ maka kata itulah kami
Berbagi cerita, berbagi rahasia.
Bahkan, tanpa disadari, kami pun membagi cinta.
Tapi, apakah kau tahu, rasanya saling mencintai
Namun bertahan untuk tidak saling memiliki?
Percayalah, ini lebih buruk dari sekedar patah hati
Ini bukan kisah cinta yang ingin kau alami.
Saking dekatnya Jo dan Emi, Emi selalu menceritakan tentang laki-laki yang menjadi pacarnya atau hanya sekedar teman kencan. Yah, itulah Emi, cewek mandiri yang senang gonta-ganti cowok bahkan hanya untuk ‘one night stand’ saja. Hal itu bukan masalah buat Jo, karena Jo sahabat terbaik atau kekasih terbaik yang menerima Emi apa adanya.
 Christian Simamora berhasil menuliskan karakter Emi dengan jelas dan terlihat nyata. Juga tokoh-tokoh lain dalam novelnya. Membaca novel ini terasa hidup dan nggak ngebosenin.  Dan dapat ditebak akhir cerita ini, karena cinta dapat menyatukan dan merubah segalanya. Emi yang sering gonta ganti cowok dan Jo yang beberapa kali pacaran akhirnya tidak bisa menghindari dari perasaan mereka sendiri.
Penasaran dengan karakter Emi dan Jo, di cetakan kedua ini ada bonus boneka mereka ..
 
 Terimakasih untuk Gagas Media yang telah mempersembahkan 6 buku novel ini untuk klub Ibu Ibu Gemar Baca

http://gagasmedia.tumblr.com/post/71392565026/arisan-buku-gagasmedia-bukune
Add caption


 
 

 
 

Selasa, 25 Maret 2014

Unforgettable Journey : Perjalanan Pertama dengan Burung Besi


     Maret 2012 aku mendapatkan kabar Kakak yang selama ini tinggal di Bali sedang dirawat di Rumah Sakit di Jakarta. Kakak didiagnosa terkena kanker usus besar dan diabetes. Deg! Jantung saya terasa berhenti mendengar kabar itu. Selama ini Mas Rudy-kakak saya itu- bekerja di Bali sedangkan keluarga berada di Jakarta. Berbincang-bincang melalui telepon dengan Kakak ipar jika seminggu berada di Rumah Sakit di Bali, mas Rudy akan dibawa ke Jakarta. Menunggu keadaannya stabil. Selama ini, dalam silsilah keluarga kami tidak ada yang terkena penyakit diabetes. Ah, bukankah diabetes sekarang bukan hanya disebabkan faktor diabetes tapi juga gaya hidup. Sedangkan kanker usus juga yang menyerang bapak hingga di akhir hayat bapak beliau telah menempuh berbagai pengobatan.  Mas Rudy merupakan pekerja keras. Hari-harinya dihabiskan di kantor dan mess. Jarang olah raga dan (mungkin) makan juga seadanya, kurang memperhatikan asupan gizi, karena jauh dari keluarga. Beberapa saudara bergantian menjenguk dan menceritakan bagaimana keadaan Mas Rudy. Kanker Usus ternyata telah menyebar ke organ vital yang lainnya seperti ginjal. Saudara yang datang memberikan semangat untuk sembuh.  Aku mempunyai firasat lain. Aku berharap dia akan sembuh dan sehat seperti sedia kala, tapi firasatku tidak dapat aku tepiskan begitu saja. Aku harus ke Jakarta. Saat itu juga.

Pesan tiket pesawat aku lakukan secara online dengan bantuan saudara. Tiketku, ibu, suami dan anak-anak sudah siap. Bagi kami-kecuali suami- ini adalah perjalanan pertama via udara.  Iya, ibu yang berumur 70 tahun baru pertama kali ini “tindak” dengan pesawat.
                                                       Pose dulu sebelum masuk pesawat :-)
 
 


                                                  Di Bandara Soekarno Hatta- Cengkareng
Deg-degan pastinya. Apalagi Barra saat itu baru berumur 7 bulan. Tanya-tanya dokter anak tentang bagaimana berpergian menggunakan pesawat. Beberapa tips yang aku dapatkan dari dokter anak;

1.      Siapkan makanan yang mudah dijangkau

2.      Siapkan mainan agar anak tidak bosan dan rewel saat perjalanan

3.      Gunakan penutup telinga saat landing dan take off, atau susui (jika masih ASI) karena dengan menyusu akan mencegah telinga berdenging
 

Karena saya penganut homemade baby food, maka untuk perjalanan pertama Barra saya mempersiapakan buah siap makan seperti pisang, alpukat dan kentang kukus.

Berikut tips MPASI dalam perjalanan

1.      Gunakan bahan-bahan yang ada secaraa lokal

2.      Hindari membawa makanan kemasan/instan

3.      Pepaya, mangga, pisang dan jambu merah adalah contoh buah-buahan yang bisa menjadi bekal atau makanan ringan selama perjalanan. Buah-buahan ini dapat dilumatkan menjadi pure dengan menggunakan sendok atau garpu.

4.      Rebus kacang panjang, buncis atau wortel. Simpan dalam kotak makanan sebagai kudapan dalam perjalanan.

5.      Untuk bayi yang sudah mengonsumsi makanan padat, gunakan perjalanan ini sebagai kesempatan untuk berpetualang mencoba makanan khas lokal. Tentu saja harus memastikan makanan tersebut sudah dimasak dan bersih ya ( Sumber : Buku Catatan Ayah ASI).

Tidak terlalu repot karena Barra tidak pilih-pilih makanan dan masih menyusu. Alhamdulillah Barra enjoy dengan penerbangan pertamanya. Semarang – Jakarta kami tempuh hanya dengan waktu 45 menit, tapi alamak dari Bandara Cengkareng menuju rumah sakit di JakartaTimur kami perlu waktu selama2,5 jam. Benar kata pepatah hidup di jakarta, menua di jalan...

Sampai di rumah sakit, aku melihat keadaan Mas Rudy yang  tampak lemah. Senarnya sudah lebih baik, daripada sebelumnya. Kaki yang awalnya bengkak sekarang sudah kelihatan normal dan tidak kuning lagi.



Sebelum pamit pulang, aku cium pipi kakakku...Itulah pertemuan terakhirkku dengan Mas Rudy. Beberapa hari kemudian keadaannya semakin melemah dan dirawat di ICU hingga akhirnya meninggal dunia. 
 
 

 

Selasa, 04 Februari 2014

Kopdar Ibu Ibu Doyan Nulis Semarang bersama Teh Indari Mastuti

Tanggal 2 Februari 2014, IIDN Semarang mendapat kesempatan untuk kopdar dan sharing dengan founder IIDN yang cantik Teh Indari atau akrab dengan sapaan teh Iin. Kopdar diawali dengan sharing anggota IIDN Semarang. Anggota yang hadir diminta untuk sharing tentang grup IIDN, beberapa anggota mengetahui grup IIDN atau profile  teh Iin dari tabloid seperti Nova, Sekar atau Wanita Indonesia, atau dengan searching IIDN di internet. Beberapa anggot mengawali karier sebagai penulis setelah gabung dengan grup IIDN. Termasuk saya. Sedikit cerita, saya pertama kali ikut kopdar IIDN Semarang pada bulan Februari 2013, lalu pada bulan Maret 2013 saya melihat status di grup bahwa sebuah penerbit di ibukota membutuhkan beberapa naskah parenting, novel, asi, kehamilan dll. Saya coba mengajukan naskah tentang asi eksklusif, karena saya yang tergabung di beberapa komunitas ibu menyusui sudah mempunyai ide atau kerangka pemikiran tentang asi  eksklusif. Dan pada bulan Mei 2013 saya mendapat jawban bahwa naskah yang disetujui untuk diterbitkan *sujud syukur. Beberapa anggota juga mempunyai pengalama-pengalaman menakjubkan tentang IIDN yang pastinya baik founder, korlap, member senang berbagi ilmu J

Lalu teh Iin melanjutkan dengan perkenalan dan sekilas tentang profilenya. Pertama kali menulis dan dikirim ke media ( Majalah Gadis) saat kelas 1 SMA dan mendapat honor 150.000,-. Woww...lumayan besar juga yaa...dorongan untuk menulis ini didapat dari ayahanda yang seorang advokat dengan mengatakan “ kamu akan mendapat uang dari hasil kamu sendiri”. Kelas 1 sma apa yang bisa dihasilkan dari remaja usia belasan tahun, akhirnya teh Iin menulis dan inilah awal kariernya sebagai penulis terkenal. Beberapa ikut kompetisi selalu jadi juara sampai tingkat nasional. Dan sekarang beliau mencoba untuk ikut kompetisi  dengan taraf internasional.. woww salutt semoga sukses ya teh...

Lulus SMA, teh iin bekerja sebagai seorang jurnalis dan kemudian pindah di perusahaan telekomunikasi. Berkat kemampuan menulisnya teh Iin melonjak kariernya dan dipercaya untuk menulis personal branding beberapa perusahaan. Tahun 2007  saat akan menikah teh Iin memutuskan untuk resign dan mendirikan agensi naskah. Padahal saat itu karier sedang meningkat dan gaji yang besar. Teh Iin tetap yakin bahwa agensi naskah, yang saat itu masih jarang di Indonesia akan menghasilkan sesuatu yang besar manfaatnya. Lalu kemudian teh Iin mendirikan IIDB ( Ibu-Ibu Doyan Bisnis) dan Sekolah Perempuan...Semuanya berkembang dengan cepat. IIDN dan IIDB saat ini mempunyai anggota 24.000 member.

Menulis itu bukan bakat tapi sebuah proses. Proses awal yaitu menulis, menulis dan menulis. Setelah menulis dan dikirim ke penerbit atau agensi naskah jika diterima akan melalui proses revisi. Setelah buku tercetak, tugas penulis tidak berhenti sampai disini tapi dengan promosi buku. * SEMANGKA * Semangat karna Allah J

Tanya-Jawab dengan teh Iin

·         Jika mengirim naskah selalu di tolak apakah penulis akan akan di- black list oleh penerbit? -> penulis tidak akan di black list, justru akan diingat namanya oleh penerbit sebagai penulis yang selalui ditolak hehe...

·         Mengirimkan ke penerbit, apakah berupa outline atau naskah utuh? -> setiap penerbit mempunyai syarat dan ketentuan yang berbeda. Kenali masing-masing penerbit.

·         Bagaimana cara naskah diterima agensi atau penerbit? -> naskah harus up to date, seperti misalnya saat ini tema arsitektur bagaimana cara membuat rumah tahan banjir pasti akan laris J, dan jangan lupa untuk membuat profile diri yang menarik. Jika ingin membuat buku memasak, jangan katakan kita hanya ibu rumah tangga saja tapi juga ibu yang hobi memasak dan masakannya disukai oleh keluarga dan tetangga, jika kita menulis buku arsitek jangan katakan kita hanya ibu rumah tangga tapi juga kita tergabung dalam komunitas arstiek dll..

·         Mengawali sebagai seorang penulis yang baik apakah punya beberapa buku antalogi baru buku solo atau bagaimana? -> tidak ada patokan yang pasti, jika langsung mempunyai buku solo baru antalogi juga nggak masalah. Memang buku solo menguras energi dan membuat stress. Nikmati saja prosesnya dan setelah menulis maka akan ketagihan untuk membuat buku selanjutnya.

·         Teh Iin mempunyai sekitar 200 to do list yang harus dikerjakan setiap harinya, apa saja contoh konkritnya agar kita juga dapat melakukannya? -> teh Iin tanpa asisten, bangun subuh, menyiapkan sarapan dan mengantar Nanit ke sekolah. Lalu mengerjakan yang ada di daftarnya seperti menyapa di grup IIDN, memberikan tips menulis di grup, menulis di kompasiana, colek penerbit, dll semuanya dikerjakan dalam waktu 3 jam saja. Teh Iin juga membatasi tamu yang berkunjung ke rumah setiap hari menerima 2 tamu saja

·         Banyak-banyak membaca atau mendengarkan you tube untuk mendapatkan referensi, setelah itu tulis dengan bahasa sendiri maka itu adalah ilmu atau pendapat kita sebagai penulis. Untuk menulis 1 buku maka kita wajib membaca 10 buku.

 

Senin, 20 Januari 2014

Selamat Ulang Tahun Arfa Rahman Riyansa


Selamat ulang tahun putra kesayanganku, Arfa Rahman Riyansa. Enam tahun usiamu sekarang. Betapa  kami bangga dan bahagia karena engkau hadir di kehidupan mama dan papa. Ingatan mama seperti sebuah roll film yang terulang kembali. Semuanya tergambar nyata, seolah-olah baru saja terjadi kemarin. Saat mama mengandungmu dan merapalkan doa-doa agar engkau tumbuh sehat di dalam rahim mamah. Engkau putra pertama yang kami dambakan kehadirannya. Alhamdulillah, engkau lahir dengan selamat dan sehat. Tanggal 21 Januari 2008, hari dimana kami dapat memelukmu dan menimangmu. Hari dimana mama dapat menciummu dan menyusuimu dengan segenap cinta dan kasih sayang.
Arfa umur sehari :-*
 

 

Arfa Rahman Riyansa, 6 tahun perjalanan hidupmu bersama kami, 6 tahun senyum dan tangismu mengisi rumah ini. Semuanya seolah-olah baru saja kemarin kau belajar merangkak dan berjalan. Semuanya seperti terjadi sangat cepat. Kau sudah enam tahun sekarang, padahal terkadang mama masih saja menganggap kau adalah bayi kecil kami. Mamah masih suka mencium, memeluk bahkan menggendongmu. Nak, tumbuh dan berkembanglah dengan baik dan doa kami akan selalu ada disetiap hembusan nafasmu.


 
Arfa umur setahun
 

Anakku, Arfa Rahman Riyansa...inilah doa kami di hari ini, di hari ulang tahunmu dan di hari-hari yang akan datang.

 

Ya Allah...pemilik rahasia hidup dan mati semua makhluk

jika aku boleh memohon...

Panjangkanlah umurku dan umur suamiku

Melihat anak-anak kami tumbuh menjadi pribadi ya baik

Menjadi manusia yang taat kepadaMu,

mencintai Nabi Muhammad SAW

dan mengamalkan Al’Quran

 

Ya Allah...Pemilik segala isi alam semesta

Limpahkanlah kepada kami rizki yang melimpah dan berkah

Agar kami dapat menghidupi anak-anak kami, diri kami dan keluarga kami

Semoga kami menjadi manusia yang pandai bersyukur atas segala nikmat dariMU

Hingga kami dapat berbagi dan berjuang di jalan yang Engkau ridhoi

 

Ya Allah...Yang Maha Mengetahui segala sesuatu yang akan terjadi

Berilah aku dan suamiku kesehatan dan kesabaran

Sehingga kami menjadi orangtua yang penuh welas asih

Agar kami dapat membimbing dan mendidik anak-anak kami

Hingga mereka dewasa dan mandiri

 

Arfa Rahman Riyansa, putra pertama kami

Papa mempunyai cita-cita mulia

Suatu hari nanti engkau menjadi seorang hafidz

Penghafal Al’Quran yang akan membawa orangtuamu ke Surga

Yang akan menjadi penuntun hidupmu hingga selamat dunia dan akhirat.

Aamiin