Selasa, 30 Juni 2015

Enam Hal Yang Harus Diperhatikan Untuk Jadi Pengusaha

Teman-teman, adakah yang mempunyai mimpi menjadi pengusaha atau sedang merintis usaha. Saya tuliskan 6 hal yang wajib diperhatikan untuk menjadi pengusaha. Enam hal ini saya dapatkan dari seorang financial engineering dan counsultant sekaligus investor yang bernama (Raden) Rd. Aldi Ferdian. 

Pertama, Buang Rasa Malu
Aldi Ferdian bercerita jika sejak kecil terbiasa mencari uang sendiri dengan cara menjual gambar tempel bertali dan menyewakan buku. Diusia remaja, pria kelahiran Bandung ini bekerja sebagai supir antar jemput siswa Sekolah Dasar serta pernah menjadi area service dan delivery service di Mc Donald Kings Plaza Kota Bandung. 

Kedua, Pantang Menyerah
Aldi Ferdian lulus dari Universitas Pasundan Jurusan Teknik Industri. Selama kuliah dia juga bekerja. Setelah lulus,bersama teman-temannya mendirikan toko komputer. Usahanya tidak langsung membuahkan hasil. Saat itu keuntungan yang didapat hanya lima puluh ribu. Berusaha mencari jalan memasarkan komputer, Aldi mendapat tawaran pekerjaan di perbankan." Saya memakai baju rapi dan berdasi, pekerjaannya keluar masuk pasar cari nasabah " kata Aldi sambil tersenyum mengenang cerita hidupnya. " Saya pernah beberapa kali hampir diberhentikan karena tidak mendapat klien. Namun saya tidak menyerah begitu saja "ujar Aldi menambahkan, kali ini dengan penuh semangat. 
Ternyata bekerja sebagai karyawan kontrak di Bank Commonwealth wilayah Jawa Barat menjadi titik awal bagi Aldi untuk mengenal dunia perbankan.

Ketiga, Perluas Networking
Aldi Ferdian senang bertemu dan berkenalan dengan banyak orang. Pria kelahiran 11 Desember tahun 1979 ini pernah menjadi supervisor entertainment di Jidar Enterprize. "Saya pernah mengurusi beberapa artis seperti Titi DJ, grup Dewa, The Groove, Rif dan bahkan album pertama Peter Pan di-launching disini " kata Aldi dengan Sumringah.

Keempat, Hadapi Tantangan
Aldi Ferdian bersama teman-temannya mendirikan Vizwerk (www.vizwerk.co.id) yang bergerak di bidang production house. Dari vizwerk inilah usaha yang Aldi geluti semakin berkembang hingga dapat mendirikan usaha yang bergerak dalam bidang koperasi  dana usaha. Tahun 2013, Aldi Ferdian dipercaya sebagai investor pada proyek pengeboran sumur minyak tua di Malo. Usaha Aldi semakin berkembang, bersama teman-temannya mendirikan usaha jasa tour and travel dengan nama Travella Tour dan usaha advertising bernama Grinta. Laju karier Aldi semakin pesat, perannya sebagai investor semakin menanjak dengan adanya berbagai proyek baru yang terus didanai olehnya. Proyek tersebut mulai dari Kingkong Jasa Media, Kampung n'De, Danus, Fox One Media Pratama, Individwa, Dwa Cipta dan lain-lain. Bidangnya beraneka ragam dari perkebunan jamur tiram, digital, medis, property ,cabe, energy dan intregrated media promotion. Pengembang yang telah dibantu antara lain Paditeras Condoles di Seminyak-Bali dan Quo space soho-Fatmawati.  Aldi Ferdian sebagai seorang financial engineering & consultant dan investor telah memilik perusahaan dengan nama Cakradhara, guna memayungi semua program yang ia bantu pendanaannya. Cakradhara mempunyai alamat website di www.cakradhara.com

Kelima, Peduli Sesama 
Aldi menyatakan bahwa dengan membantu menyalurkan sedekah, peduli terhadap orang lain dan mendanai proyek kemanusiaan akan mendatangkan rejeki yang tak disangka. 

Keenam, Prinsip yang Kuat.
Bagi Aldi, bersungguh-sungguh mengejar dan mewujudkan mimpi adalah bagian dari doa. Dengan berpedoman mewujudkan mimpi melalui transformasi raga dan rasa. Transformasi rasa dan raga yang mempunyai arti raga atau posisi berpindah dari seorang pekerja menjadi pengusaha serta rasa yang lebih peka, lebih lembut, lebih sabar dan tekun dalam mewujudkan cita-cita.

Teman-teman dari keenam hal tersebut, nomor berapakah yang sudah diterapkan untuk menjadi pengusaha?

Tidak ada komentar: