Rabu, 24 Juni 2015

Zeti Arina, Konsultan Pajak Yang Peduli Edukasi





Teman-teman, apa sih profesi konsultan pajak itu? Profesi ini tentu masih jarang kita temui atau dulu kita jadikan cita-cita. Di sebagian masyarakat, konsultan pajak dianggap sama perannya dengan makelar kasus. Makelar itu kalau ada uang sogokan segala urusan akan berjalan mulus. Duh, salah besar ya. Beda banget antara makelar kasus dan konsultan pajak. Konsultan pajak yang profesional dan tidak mengandalkan uang sogokan bisa kita temui di kota Surabaya. Yuk kenalan dengan Zeti Arina seorang konsultan pajak yang juga Pemilik CEO Artha Raya Konsultan. 

"Sebagai mahasiswa Fakultas Ekonomi, tentu saja mendapatkan mata kuliah perpajakkan. Saat itu saya nggak suka mata kuliah perpajakkan", kata Zeti dalam sebuah wawancara. " Kemudian, saat saya mulai bekerja dan perusahaan tempat saya bekerja diperiksa pajaknya tidak ada yang paham tentang hal itu. Masih sedikit orang yang menjadi ahli pajak, saya ingin menjadi salah satunya" ujar Zeti lebih lanjut. Pada tahun 2007 Zeti Arina memilih konsultan pajak sebagai profesinya. Sejak saat itu hingga sekarang, Zeti Arina telah mendampingi 100 perusahaan besar dan asing sebagai kliennya.

Dengan mengandalkan kemampuannya, Zeti Arina dipercaya dan dipilih sebagai ketua IKPI (Ikatan Konsultan Pajak Indonesia) di Surabaya. Walaupun telah merangkul perusahaan asing dan perusahaan besar sebagai klien, Zeti Arina tetap ingin melakukan edukasi bagi pengusaha lokal dan masyarakat umum. Edukasi ini seperti bagaimana menghitung pajak yang benar dan hemat, kapan mulai membayar pajak, batas waktu pembayaran pajak, pembayaran pajak dilakukan di bank lalu hasil laporan di serahkan ke kantor pajak. 

Kiprah Zeti Arina sebagai konsultan pajak yang juga peduli pada edukasi ini dilakukannya dengan cara memberikan layanan tanya jawab di majalah atau tabloid juga talkshow di radio dan tv juga menulis buku. Masyarakat umum perlu tahu bahwa jalan, gedung dan segala fasilitas yang bisa dinikmati ini hasil dari pajak. Pengusaha jangan menghindari pajak, justru akan membuat tunggakan semakin menumpuk" kata Zeti diakhir wawancara.

Nah, sudah ada gambaran tentang profesi pajak kan. Teman-teman, yuk konsultasikan pajak kita pada ahlinya.

Sumber Foto : Facebook Zeti Arina

1 komentar:

Dewi Rieka mengatakan...

wah keren ya, urusan pajak kadang berasa rumit banget buat orang awam, dikampanyekan begini oleh zeti jadi merasa pajak itu simpel ya