Sabtu, 21 Oktober 2017

Arti Sukses Itu?



Suatu hari, aku bertemu dengan teman kuliah yang sudah terpisah selama 14 tahun. Obrolan kami diawali dengan saling menanyakan kabar kami selama ini. Lalu menanyakan hal yang sebenarnya telah kami ketahui sebelumnya dari akun sosial media masing-masing dari kami. Bukankah disana sudah sangat gamblang dijelaskan tentang berapa jumlah anak, tinggal di daerah mana bahkan aktivitas keseharianpun bisa dipantau setiap saat. J
Temanku, sesaat diam dan mengucapkan kata maaf. Aku tersenyum, dia meminta ijin menanyakan suatu dan aku mengiyakan. Dia bertanya dengan nada heran dan setengah tak percaya bahwa aku yang dulu dikenal sebagai seorang mahasiswa yang berprestasi dan aktif di organisasi kemahasiswaan sekarang hanya menggeluti aktivitas sebagai ibu rumah tangga saja. Temanku itu  beranggapan bahwa seharusnya aku bisa menjadi wanita karier atau setidaknya seharusnya bisa lebih sukses daripada kehidupanku saat ini.
Teringat kejadiaan saat pertemuan itu, aku kemudian menyadari bahwa ukuran kesuksesan seseorang sangat berbeda-beda antara satu orang dengan orang yang lain. Ada yang mengatakan hidupnya sukses ketika menyelesaikan sekolah strata duanya, ada yang bilang sudah sukses ketika memiliki rumah pribadi, menyunting gadis idaman, menapakkan kaki di tempat wisata impian, menyetir mobil sendiri dan ada yang mengartikan hidup sukses bila nanti saat meninggal dalam keadaan husnul khotimah. Sungguh sangat variatif sekali tolok ukur kesuksesan itu.
Sesungguhnya kehidupan di dunia ini hanya sementara dan fana, apa yang kita kejar suatu saat akan kita tinggalkan. Lalu apakah kita tidak boleh bekerja untuk urusan dunia dan materi. Tentu saja boleh dan diwajibkan untuk bekerja. Namun jangan sampai berlomba-lomba dalam urusan dunia hingga melupakan akhirat. Jadikan apa yang kita peroleh saat ini adalah bekal untuk kehidupan kekal selanjutnya. Apa yang kita dapatkan nanti di akhirat adalah apa yang telah kita lakukan saat ini di dunia. Saat pertanyaan itu datang dari seorang teman, aku hanya bisa menjawab bahwa sukses itu ketika kami sekeluarga nanti dapat berkumpul kembali di Surga. Ammin. Bagaimana arti sukses menurut teman-teman?
#odopokt19
#30dwcjilid9
#day11
#squad5

Tidak ada komentar: