Kamis, 26 Oktober 2017

Empat Surga Wisata Yang Ngehits Di Kabupaten Semarang



Hai, apa kabar teman-teman, semoga selalu dalam keadaan sehat ya. Beberapa hari ini cuaca di kota Semarang dan sekitarnya lumayan terik ya, bisa bikin baju yang habis dicuci trus dijemur jadi cepat kering. Dimana-mana juga lagi banyak perbaikkan jalan nih, banyak debu berterbangan. Jangan lupa selalu bawa masker ya teman-teman, menjaga agar tidak terkena infeksi saluran pernafasan. Saat siang hari, panasnya sinar matahari sangat terik tapi kalau menjelang malam bisa langsung turun hujan yang sangat deras. Saat musim kemarau saat seperti ini, kalau yang ingin travelling kudu jaga kondisi badan agar selalu sehat dan jalan-jalan jadi lancar.

Beberapa hari yang lalu, sahabat lama saat duduk di bangku kuliah memberi kabar kalau dia akan tugas di Semarang selama beberapa hari. Di akhir pekan sebelum pulang ada waktu untuk menjelajahi tempat wisata di sekitar daerah Semarang. Temankku yang bernama Dina, nggak mau jauh-jauh ke Solo atau Jogjakarta karena setelah tugas dari kantor selesai, dia akan pulang ke Jakarta. Dan dia request tempat yang dikunjungi harus adem, sejuk dan ngehits. Duh, aku harus memutar otak nih, kira-kira harus ngajak dan menjamu sahabatku ini kemana. Aha, aku pun ingat, kalau nggak jauh dari Semarang ada tempat wisata yang sesuai kemauan sahabatku yaitu adem, sejuk dan ngehits  yang semuanya terletak di satu daerah yaitu Kabupaten Semarang. Pastinya karena ada di kabupaten Semarang jadi jarak yang ditempuh dari tempat tinggalku nggak akan begitu jauh, hanya sekitar 50 km saja. Bisa dengan mudah ditempuuh dengan kendaraan pribadi.  Cihuy, akupun nggak sabar buat piknik, karena aku juga sudah lama banget nggak piknik nih. 
Dan inilah beberapa tempat yang sudah aku rencanakan untuk aku kunjungi nanti bersama sahabatku. Yang pertama aku akan ke Gardu Pandang Lereng Kelir. Ternyata nggak perlu jauh-jauh untuk , untuk menikmati sensasi alam yang beberapa waktu yang lalu ngehits di wilayah Jogjakarta, karena di Kabupaten Semarang sudah ada. Berada di tempat ketinggian sekitar 715 meter di atas permukaan laut, maka jika berada di tempat ini akan dapat melihat pemandangan alam yang sangat indah mulai dari hutan hijau, sawah, puncak gunung Ungaran dan Rawa Pening yang cantik.  Di sini juga ada area kemah yang telah disediakan jika ingin bermalam dan saat menikmati pemandangan sunrise yang sangat indah.


Gardu pandang lereng kelir ini berada di Dusun Gertas, Brongkol Jambu, Ambarawa, Kabupaten Semarang. Dengan hanya membayar tiket masuk sebesar 5.000 rupiah saat hari biasa dan 7.000 rupiah saat akhir pekan, termasuk sangat murah dan tempat wisata ini bisa diakses selama 24 jam.

Bantir Hilss adalah tempat kedua yang akan kami kunjungi nanti. Berada di lereng gunung Ungaran, tempat ini baru setahun dibuka dan sudah mendapatkan tempat di hati para traveller dan instagrammer yang memburu spot indah untuk selfie.


Bukan hanya spot foto yang didapat namun  yang mencari udara sejuk bisa juga mendapatkan di sini. Di lereng gunung Ungaran ini, para pengunjung akan disuguhi pemandangan indah Gunung Sumbing dan Sindoro, serta sejuknya hembusan angin hutan yang berada di sekitarnya. Tempatnya yang masih terjal membuat pengunjung harus berjalan kaki untuk mencapainya, tapi nggak akan terasa capek karena disuguhi dengan pemandangan sawah dan taman bunga yang indah serta sejuknya hembusan angin. Bantir Hilss berada di jalan Bantir, Desa Losari, kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang.

Tempat ketiga yang ngehits dan sejuk serta menyuguhkan suasana alam yang eksotik yaitu Watu Gunung Ungaran. Tempat wisata ini juga dikenal dengan nama Kolam Renang Lerep, Watu Gunung Ungaran. Di tempat ini, para pengunjung benar-benar akan dimanjakan dengan suasana yang sejuk, dan pemandangan sungai dan danau buatan yang gemercik airnya membuat tenang. Selain itu juga ada gazebo-gazebo untuk bersantai dan melepas penat setelah bekerja selama sepekan. Nggak perlu takut kelaparan ya kalau ada di tempat ini karena dengan mudah akan ditemui tempat makan yang menyajikan makanan khas Jawa yang sangat mengundang selera. Oiya jika ingin renang juga bisa lho, ada kolam renang dengan air yang sangat sejuk dengan pinggiran kolam berbentuk batu –batu sehingga seperti renang di kolam alami.


Foto : Koleksi Pribadi Kurniajati Setyorini

 Tempat wisata ini berada di jalan Srikandi Raya no 1, Desa Lerep Ungaran, kabupaten Semarang. Teman-teman bisa menyediakan budget 15.000 rupiah untuk tiket masuk dan jangan lupa dilebihkan untuk menikmati makanan yang lezat di sana.

Eling Bening adalah tempat yang sangat ngehits yang sudah terkenal ke beberapa kota di seputar Jawa Tengah. Banyak traveller yang datang dari luar kota bahkan dari Jawa Barat dan Jawa Timur untuk menikmati pemandangan alam terbuka dan sejuknya suasana udara dataran tinggi. Dari tempat ini pengunjung dapat melihat hamparan Danau Rawa Pening yang terletak di bawahnya. Dengan konsep tempat rekreasi keluarga, maka diperbolehkan bagi pengunjung untuk membawa tikar, menggelarnya dan membawa makanan dari rumah untuk di santap di sini sembari menikmati pemandangan alam yang sangat indah. Namun jika tak mau repot juga tersedia sajian masakkkan lokal yang sangat lezat dan menggugah selera. Di Eling Bening ini juga terdapat area untuk flying fox, panahan dan lain sebagainya untuk putra-putrinya yang ingin berpetualang. Dengan harga tiket hanya sebesar 15.000 rupiah maka pengunjung sudah dimanjakan dengan fasiliitas yang mewah. Oiya kalau nggak takut dengan udara dingin, boleh lho berenang disini di kolam renang yang sudah disediakan. Lokasi Eling Bening ada di jalan kartini Tambak Boyo, Ambarawa, Kabupaten Semarang.
Koleksi Foto Pribadi Leni Risca

Koleksi Foto Pribadi Aulin Kharisma

Wah, ternyata ada banyak tempat yang ada dalam daftar kunjunganku nanti. Harus menyiapkan energi  dan kesehatan yang prima ini. Yang paling utama, jangan lupa mempersiapkan budget untuk bisa menikmati suasana alam dan kuliner di kabupaten Semarang ini. Keempat tujuan wisata ini nggak hanya sejuk dan ngehits saja tapi seperti Surga wisata bagi para treveller dengan pemandangannya yang amazing. Rasanya sudah nggak sabar untuk kesini dan kembali menuliskan mengenai kesan dan pengalaman saat berkunjung ke semua tempat wisata yang ngehits ini.


4 komentar:

Dian Restu Agustina mengatakan...

Mbak..trims sharingnya yaa..noted!
Aku biasa nginap di Semarang pas mudik, untuk jalan-jalan..Nanti mampir sini:)

Heri Heryanto mengatakan...

Tempat yg bagus utk mendapatkan foto yg bagus. Dan blm saya kunjungi semua. Semoga ada kesempatan kesana.

Nur Rochma mengatakan...

Cakep-cakep tempatnya. Tfs ya. Semoga bisa main-main kesana.

Nur Rochma mengatakan...

Cakep-cakep tempatnya. Tfs ya. Semoga bisa main-main kesana.