Sabtu, 14 Oktober 2017

Enam Hal Yang Kudu Diperhatikan Saat Renang Bareng Anak



Assalamualaikum teman-teman, sudah weekend nih. Apa rencana kalian hari ini dan besok?. Kalau aku dan anak-anak, setiap bulan sekali mengagendakan berenang untuk mengisi hari libur sekolah dan sebagai sarana refreshing. Lagian, yang namanya anak-anak selalu happy jika bermain air ya. Nggak hanya anak-anak saja sih sebenarnya yang suka berenang, orang dewasa juga suka main air.

Di Kota Semarang ada beberapa tempat wisata air, baik dengan fasilitas yang lengkap atau hanya sekedar kolam renang di dalam kompleks perumahan di dekat rumah. Aku dan anak-anak lebih sering berenang di Pandanaran Hills yang terletak di perumahan Pandanaran Hills dan Kolam Renang Taman Sari Hills, yang keduanya berada di daerah Meteseh-Tembalang. Selain dekat dengan rumah, hanya membutuhkan waktu lima sampai sepuluh menit perjalanan, biaya masuknya juga relatif lebih terjangkau yaitu sepuluh ribu hingga lima belas ribu saja per orang.

Begitu seringnya mengajak anak-anak berenang aku mempunyai beberapa pengalaman agar renang menjadi seru dan tetap aman bersama anak-anak. Pertama, pastikan dahulu kolam renang yang akan kita tuju mempunyai kolam dangkal yang dikhususkan untuk anak-anak. Kolam ini tingginya sekitar 50 cm. Pastikan tinggi mereka sudah lebih dari 50 cm ya. Ketika mereka berdiri di kolam, anak-anak tidak akan tenggelam.  Oiya, kalau saya lebih memilih menunda membawa anak-anak ke kolam renang umum hingga umur mereka lebih dari setahun. Karena daya tahan tubuh mereka masih rentan terhadap virus dan berbagai sumber penyakit yang terdapat di tempat umum.

Hal ketiga yang perlu diperhatikan adalah jangan lupa untuk mengoleskan sunblock untuk melindungi kulit mereka yang lembut dan sensitif dari sinar matahari. Para orang tua bisa memilih sunblock dengan SPF 15-30% yang juga aman untuk kulit anak-anak. Ada beberapa produk yang bisa dipilih oleh teman-teman. Keempat, selalu perhatikan gerak-gerik mereka ya. Jangan asyik main smartphone atau perhatian para orang tua teralihkan oleh hal yang lainnya. Aku pernah menyaksikan sendiri, ada anak berumur sekitar satu tahun yang hampir tenggelam karena, ibunya yang pada saat itu mendampingi terlihat mengambil gambar anakknya yang terlihat ceria dan lucu saat berenang. Setelah memfoto, ibu tersebut nampaknya penasaran dengan hasil jepertannya dan tak sadar jika anaknya sudah hampir tenggelam.

Kelima, jangan lupa membawa perlengkapan mandi ya. Setelah berenang segera bersihkan badan dengan sabun dan bilas dengan air bersih. Karena kolam renang yang ada sudah dikasih dengan kaporit yang berfungsi untuk membuat air terlihat jernih tetapi memiliki efek yang tidak bagus di kulit jika kita terlalu lama di kolam renang atau setelah berenang tidak segera mandi. Terakhir, selalu katakan kepada mereka untuk tidak melakukan hal yang berbahaya di kolam renang seperti berlari di lantai yang licin, tetap berada di kolam dangkal atau berada di kolam dewasa hanya jika bersama orang tua atau pendamping dan tidak bermain yang berbahaya dengan saudara atau teman. Semoga keenam hal ini bisa bermanfaat dan membuat kegiatan berenang bersama anak-anak menjadi lebih mengasyikkan.


#odopokt12
#30dwcjilid9
#day4
#squad5

1 komentar:

farida mengatakan...

Aiih.. Masih 1th harus pengawasan melekat ya. Tapi anaknya gpp kan? Terimakasih tipsnya :)