Minggu, 15 Oktober 2017

Tiga Motivasi Untuk Tetap Semangat Mengaji.



“Mbak Hapsari, jangan lupa besok hari Sabtu pagi kita ngaji ya” Kata tetangga saat itu kami berpapasan di pinggir jalan. Beliau sedang mengendarai kendaraan berboncengan dengan kedua putranya, sedangkan aku baru saja sampai depan rumah setelah mengantar anak-anak sekolah. “Mau kemana Bu?” tanyaku basa-basi. Beliau menjawab singkat sambil tersenyum ramah “ Ada undangan mengisi taklim, Bu”. Lalu beliau mengucapkan salam dan berlalu. Aku memandang kepergiannya dengan tatapan mata kagum. Sepagi ini, sudah menghadiri undangan dengan membawa dua bocah. “Duh, pasti repot ya”, kataku dalam hati.

Sehari itupun berlalu dengan cepat dan Sabtu pagi menjelang. Aku membuka pesan di whatsapp yang terkirim beberapa menit yang lalu. Sebuah woro-woro adanya pengajian sabtu yang telah rutin diadakan di kompleks perumahanku. “Duh, berangkat nggak ya” aku nampak ragu. Aku melihat keadaan rumah. Tumpukkan piring kotor belum sempat tersentuh sejak kemarin malam. Belum masak, belum mandiin anak-anak, belum nyuci baju dan akupun mulai mencari-cari alasan sebanyak-banyaknya agar aku tidak bisa menghadari pengajian pada pekan ini. Bukan mencari cara agar bisa datang, tapi aku sibuk mencari pembenaran agar tak bisa datang.

Jujur, aku masih sering melakukan hal seperti itu. Duh, kalau sudah begini aku merasa memang sedang dalam keadaan iman yang turun. Setelah pengajian sabtu pagi itu berlalu begitu saja, ada sedikit penyesalan dalam hati. Yah, walaupun menyesal tapi kenyatannya masih sering absen kalau ada pengajian. Nggak ingin hal tersebut berlarut-larut, aku membuat tiga motivasi untuk semangat menuntut ilmu. Dan inilah lima motivasi dari aku, yang ketika semangatku kendor aku mengingat lima hal ini maka semangatku kembali menyala
Pertama, firman Allah di surat Al Mujadallah ayat 11 yang artinya “ Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang berilmu beberapa derajat. Masya Allah...siapa sih yang tidak ingin ditinggikan derajatnya. Rasanya setiap orang pasti inginkan hal tersebut ya. Ilmu dan iman adalah dua hal yang saling berkaitan agar mendapatkan derajat yang tinggi.

Kedua, Hadis yang menyatakan barangsiapa yang melangkahkan kaki menuju majelis ilmu, maka Allah Subhanahu Waa Taala akan meringankan langkahnya menuju Surga.  Hayo siapa yang ingin ke Surga, kalau ingin jangan malas dan banyak alasan untuk datang ke majelis ilmu ya *ngomong sama diri sendiri J

Ketiga, Ketika kelak nanti di akhirat, kalian tidak melihatku di Surga, maka carilah aku di neraka dan angkatlah aku menuju Surga. Aku ingin memiliki sahabat yang memberi syafaat ketika nanti di hari kiamat.

#odopokt13
#30dwcjilid9
#day5
#squad5

1 komentar:

Artha mengatakan...

Saya pengen ikut pengajian muslimatan gitu...tapi di sini ibu2 sepuh semua. Saya kan minder...