Sabtu, 24 November 2018

Pentas Budaya Nusantara : Puncak Tema Indonesia Culture Sekolah Alam Ar Ridho Semarang

Assalamualaikum teman-teman apa kabar? Semoga semuanya sehat ya. Hari ini, sekolah alam Ar Ridho Semarang punya gawe tahunan yang diadakan di tiap akhir semester satu. Sekolah di mana, anak saya menjadi siswa di kelas satu. Jadi saya merasa excited banget. Pentas ini dalam rangka muhadhoroh atau puncak tema dengan tema Indonesia Culture.
Sebelum puncak tema, beberapa pekan sebelumnya, untuk kelas satu, diawal tema mereka sudah diajak wisata ke Kebun Binatang yang ada di Mangkang. Kegiatan selanjutnya adalah mengenal kuliner dan tempat wisata yang ada di kota tercinta. Seru ya. Beberapa kegiatan saat tema Indonesia culture untuk kelas satu khususnya 1B ada di foto-foto berikut ya.
Dan hari ini, tanggal 24 November diselenggarakan pentas budaya nusantara yang diikuti bukan hanya dari siswa sekolah dasar alam Ar Ridho saja namun juga menampilkan kolaborasi antara wali murid dan wali siswa. Menampilkan bukan hanya budaya jawa saja namun dari seluruh nusantara dari ujung barat hingga ujung timur Indonesia.
Pentas budaya nusantara kali ini menunjuk tema “Keberagaman yang Menyatukan” dimana maksudnya adalah Indonesia yang begitu luas dan kaya akan Bahasa, budaya serta kuliner dipersatukan di sini, di sekolah alam Ar Ridho. Untuk kelas satu menampilkan budaya dari kota Semarang, untuk kelas dua tampil dengan cerita dari Jawa Barat, kelas tiga dari Aceh, kelas empat dari Sulawesi, kelas Lima dari NTT dan NTB serta kelas enam menampilkan cerita dari papua. Nggak hanya pentas saja namun masing-masing kelas juga mempunyai stand yang berisi hasil pembelajaran selama tema ini berlangsung, kuliner maupun oleh-oleh khas daerah masing-masing daerah.
Untuk kelas satu, duh kelas satu lagi, kelas satu lagi… Soalnya anak saya juga masih kelas satu dan bangga dengan bu guru serta kekompakkan mamah-mamahnya yang support acara ini. Proud of them. Stand kelas satu (dari kelas A,B dan C) ada nasi ayam yang enak banget dan murah meriah. Satu porsinya harga lima ribu rupiah yang sudah ada nasi, kuah labu siam yang mirip sama sayur sambal goreng serta ayam suir. Selain itu orang tua siswa juga berpartisipasi menjual makanan khas kota Semarang diantaranya bandeng presto dan lunpia. Yummyy…
Sekolah alam Ar Ridho sendiri selain taman kanak-kanak, sekolah dasar juga ada SMP dan SMM. Pada acara tadi, bazar diisi oleh kakak-kakak dari SMP dan SMM. Mereka sendiri lho yang jualan. Keren ya. Sudah diajarkan untuk wirausaha, melatih mereka mandiri dan mengatasi masalah.
Sepertinya saya kehabisan kata-kata untuk menggambarkan betapa seru dah meriahnya acara ini. Anak-anak yang kreatif dan mandiri, guru-guru yang super sabar dalam mendidik dan membersamai siswa kelas satu yang cerdas dan aktif ini 😊 serta orang tua yang support. Semoga apa yang kita kerjakan mendapatkan keberkahan. Aamiin






Tidak ada komentar: