Jumat, 05 Juli 2019

Mata Kering Setelah Berenang? Atasi dengan Insto Dry Eyes

Assalamualaikum teman-teman,  apa kabar?  Semoga dalam keadaan sehat ya.  Untuk tetap sehat,  jangan lupa jaga pola makan,  istirahat yang cukul dan olahraga ya.  Sebagai penyuka renang,  saya bisa lho dalam sepekan nyemplung di kolam sebanyak dua kali.  Biasanya dihari Selasa dan Sabtu.  Rasanya jika olahraga dilakukan secara teratur,  badan jadi fresh dan enteng dibawa aktifitas.

Renang Itu Olahraga Paling Menyenangkan!

Saya pilih kolam renang yang dekat dengan rumah dan kebetulan sudah jadi member di situ. Tiket masuk hanya 7 ribu rupiah saja.  Jadi, nggak ada alasan untuk malas berolahraga,  karena saya juga punya target menurunkan berat badan sebanyak 5kg.  Semangat...!

Renang lebih saya sukai dibandingkan dengan olahraga lainnya,  kalau udah di air rasanya seperti putri duyung.  Eh, enggak ya.  Kalau sudah di air,  rasanya rileks banget dan nggak terasa ternyata sudah dua jam saya di kolam renang.  Ngapain aja bu?  Tidur?  Hehehe. Ya renang  dong,  bisa sampai 6 kali berenang bolak-balik diselingi ngobrol sesama pengunjung kolam renang.  

Tips Buat Kamu Yang Suka Berenang

Saya punya beberapa tips nih untuk teman-teman yang suka berenang atau rencana mengisi liburan dengan berenang. 
1. Pilih kolam renang dengan air yang alami,  jernih dan bersih.  Kolam seperti ini, untuk di daerah tempat tinggal saya di kota Semarang sudah jarang ditemui.  Ada sih,  kalau kita menuju ke kabupaten Semarang di pegunungan maka tempat wisata air atau kolam renangnya menggunakan air gunung yang sejuk dan jernih. 

2. Jika ke kolam renang sebaiknya pakai pelindung kulit dulu ya,  sunblock misalnya.  Oleskan setidaknya 15 menit sebelum nyemplung ke kolam agar sudah meresap ke dalam kulit.  Sunblock selain melindungi kulit dari sengatan matahari biar ga gosyong setelah berenang juga dapat melindungi kulit dari iritasi.

3. Pakai baju dan kacamata renang.  Baju renang baik untuk anak-anak ataupun muslimah sekarang sudah banyak dijual dan dengan harga yang terjangkau.  Baju renang dipakai di kolam renang ini sesuai banget dengan kondisinya ya.  Saya pernah lho melihat wanita dewasa yang hanya pakai baju dalam dilapisi kaos singlet aja di kolam renang,  akibatnya aurat terlihat jelas.  Padahal di sana adalah kolam renang umum yang banyak pengunjungnya.  Kacamata renang dipakai untuk melindungi mata dari air kolam renang.

4. Perlengkapan mandi,  seperti sabun,  shampo dan handuk.  Jangan lupa untuk membilas bersih seluruh badan setelah berenang.  Apalagi di kolam renang umum yang digunakan untuk ramai-ramai.  Lebih baik gunakan sabun antiseptik untuk menghilangkan kuman.

5. Obat-obatan dan alat kesehatan lainnya.  Saya pernah lho mengalami kulit yang gatal dan ruam setelah berenang karena tidak cocok dengan air di kolam renang.  Waktu itu saya sedia lotion antiseptik untuk mengurangi iritasi. 

Awas Mata Kering Setelah Berenang

Saat naik dari kolam dan menuju kamar mandi,  saya menuju bangku tempat menaruh tas dan air minum.  Kok perasaan mata saya jadi ganjel ya.  Terasa perih gitu.  Trus saya ambil hape dan pencet fitur kamera depan, bukan karena pengen selfi, tapi karena pengen lihat ada apa dengan mata saya.  Duh,  ternyata mata saya merah.  Ini pasti karena saya lupa bawa kacamata renang tadi.  Kok bisa sih habis renang mata jadi perih dan gatal gini seperti tanda mata kering.  Beberapa tanda mata kering adalah mata sepet,  pegel dan perih.  Kok bisa ya mata kering,  padahal kan di kolam yang penuh berisi air.  

Air di kolam renang biasanya dikasih klorin atau yang biasa dikenal dengan nama kaporit.  Fungsi kaporit ini untuk membersihkan kotoran,  debu,  keringat atau di air kolam renang. Inilah yang kadang bikin mata perenang jadi merah dan perih serta terasa pegal karena tidak pakai kacamata renang. Air di kolam renang tadi dapat membuat produksi air mata berkurang sehingga terjadi mata kering.

Insto Dry Eyes, Solusi Untuk Mata Kering

Saya bergegas menuju kamar mandi untuk membilas mata yang terasa perih sekaligus mandi. Alhamdulillah,  saya selalu sedia insto dry eyes di tas.  Setelah mata saya tetesin insto dry eyes jadi hilang gejala mata lelah,  sepet,  pegal sebagaimana yang tadi dirasakan. Insto dry eyes bentuknya mungil dengan ukuran 7.5 ml tapi ampuh banget mengatasi gangguan pada mata.

Insto dry eyes mengandung  hydroxypropyl dan methylcellulose sebagai air mata buatan yang dapat digunakan sebagai pelumas pada mata dan memiliki bahan aktif yang dapat membunuh bakteri. 

Sekarang setelah berenang badan sudah fresh dan mata juga sudah jernih dan sehat lagi, saya jadi semangat untuk melanjutkan perjalanan dan aktifitas. Selalu sedia insto dry eyes dimanapun dapat membantu memperlancar pekerjaan karena gejala mata kering nggak cukup diatasi dengan dikucek-kucek. 

Semoga bermanfaat





16 komentar:

Lulu Khodijah mengatakan...

Hoo ternyata bisa dipake setelah renang ya. Kok ngga kepikiran. Denger insto biasanya misal capek liat gadget gitu aja. Hehe

Mechta mengatakan...

Wah trims infonya mba.. Jadi siap2 Insto juga nih biar segera bisa mengatasi bila terjadi mata perih sehabis berenang..

wuri nugraeni mengatakan...

setuju, di rumah juga harus sedia insto, apalagi mataku sensitif. kadang kena debu aja lama balik nggak perihnya

Dinilint mengatakan...

Aku juga suka berenang mbak.
Beberapa minggu kemarin skip renang, eh badannya gampang loyo dan cepet ngantuk.
Emang nih kalo habis berenang mata suka pedes. Pake insto emang paling bener deh.

Soviana Maulida mengatakan...

Aku udah segede gini masih belom lancar berenangnya haha.. Tapi kelamaan mantengin gadget bisa bikin mata kering juga nih

Wahyu Widyaningrum mengatakan...

Whaaa... aku juga pake insto mbak. Hanya saja aku baper baca renang2 ini. Soale kalo anterin krucils ya mereka aja yg renang. Aku nungguin wong gabisa renang

Santi Pratiwi Tri Utami mengatakan...

Kalau aku malah preventif mb, :)
Netesinnya sering sebelum aktivitas. Rasanya lebih aman dan mengurangi kekhawatiran.

Anita Makarame mengatakan...

Ada rencana renang dari lebaran sampe skrg belum kesampaian. Xixi
Aku ga kepikiran kalo insto bisa dipake hbs renang. Biasanya pakai kalau mata gatal2 aja :D

Nyi Penengah Dewanti mengatakan...

Alhamdulillah ya Mba mata keringnya jadi aman berkat insto
aku juga memercayakan mataku yang kena debu gitu dengan insto
sangat membantu

Uniek Kaswarganti mengatakan...

Nah, cocok nih buat persediaanku mba. Aku tuh termasuk yang berenang tanpa pernah menggunakan kaca mata renang. Selalu merasa terganggu kalau pake kaca mata renang. Akibatnya ya itu, mata jadi kering setelah berenang. Butuh Insto Dry Eyes ya setelah selesai melakukan aktivitas di dalam air ini.

Dewi Rieka mengatakan...

Wah kolam renangnya murah banget hanya tujuh ribu ya, sekarang aman ada solusi mata kering yaitu insto yaa

Bunsal mengatakan...

Insto Dry Eyes drop paling helpful mengurangi rasa pedas mata yang kering.

Wajib ada di kotak obat para traveller atau mom blogger nih ^^

Hidayah Sulistyowati mengatakan...

Aku di rumah aja juga siapin Insto dry eyes drop, karena seharian di depan laptop. Mata kadang suka pedes gitu

Diyanika mengatakan...

Mbak Hap, ajarin berenang dong. Kubayangkan dirimu berenang bak putri duyung. Hihihi. Sudah hampir kepala 3 aku belum bisa berenang juga. Ehm, atau nanti pas anakku les renang, aku ikutan juga ya. Ide, bagus nih sepertinya.

Ika Puspita mengatakan...

Di rumahku selalu sedia insto hijau dan biru mb Hap. Aku biasanya pake yg dry eyes krn sering berada di dpn komputer. Mata jd kering dan pegal,

Mara mengatakan...

Owalah bsa buat mengatasi mata perih krena renang ya, hmmmm kpan2 klo nrenang dcoba deh