Rabu, 30 Oktober 2019

Dengan Warung Anak Sehat, Anak Mendapatkakan Jajanan Sehat Dan Perempuan Indonesia Berdaya.


Anakku Suka Jajan

“Mama, aku belum dikasih uang saku” kata Barra sambil mengulurkan tangan saat akan berangkat sekolah pagi ini. Aku mengeluarkan dompet dan mengeluarkan uang dua ribu rupiah dari dompet dan memberikan padanya. Uang saku untuk anak kelas dua SD di sekolah anakku memang hanya dua ribu menurut peraturan sekolahnya.
“Ingat ya nak, jangan jajan yang aneh-aneh” kataku tegas. Jajan yang aneh-aneh itu sebuah kode untuknya agar dia nggak jajan minuman dan jajanan yang pakai pemanis buatan dan pakai pewarna. Barra mengangguk setuju. Setiap pagi aku harus selalu mengulangi perkataan ini agar dia paham apa yang boleh dimakan dan apa yang nggak boleh dimakan. Uang saku terkadang masih ututh karena aku selalu membawakan bekal makanan untuknya dari rumah.

Apa Sih Jajanan Sehat?

Anak sekolah dasar dengan rentang usia 7-12 tahun memang gemar jajan ya. Aku merasakan hal seperti itu. Walaupun di rumah sudah sarapan dan tersedia makanan homemade masakkan mama, tapi tetap aja pengen beli sesuatu di warung. Kalau sudah begitu maka saya mengarahkannya untuk memilih jajanan yang sehat. Jajanan sehat yang mama ijinkan untuk dibeli di kantin sekolah seperti jus mangga, jus jambu merah, nasi goreng, martabak mie serta aneka gorengan seperti mendoan, bakwan dan tahu isi. Salah satu jajanan yang nggak saya ijinkan untuk dia beli seperti permen dengan warna mencolok. Rasanya akan tenang jika jajanan di kantin adalah semua makanan yangsehat dan bernutrisi.


Program Warung Anak Sehat


PT. Sarihusada Generasi Mahardika dan Danone Ecosystem Fund mengadakan sebuah program sosial yang mempunyai tujuan untuk membentuk kebiasaan mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat dan bernutrisi pada anak-anak usia Sekolah Dasar. Program ini bernama Warung Anak Sehat atau yang disingkat dengan WAS. 

Program ini sudah ada sejak tahun 2011 dan sudah menjangkau ke 446 sekolah dengan jumlah Ibu WAS sebanyak 350 orang. Sungguh program yang perlu diapresiasi dan didukung oleh semua lapisan baik dari orang tua murid, guru, sekolah dan juga pemerintah. 

Tujuan program warung anak sekolah adalah memberikan fasilitas kepada anak-anak usia sekolah dasar untuk mendapatkan jajanan yang sehat dan bernutrisi. Tujuan kedua adalah membangun kesadadaran bagi para orang tua untuk menyadari pentingnya gaya hidup sehat. Tujuan berikutnya adalah memberikan peningkatan kepada ibu warung anak sehat sebagai duta nutrisi yang mengedukasi pengetahuan nutrisi ke sekolah-sekolah.

Aktifitas Warung Anak Sehat



Ada banyak aktifitas yang dilakukan dalam program warung anak sehat antara lain ibu kantin atau yang disebut dengan Ibu Warung Anak Sehat (IWAS) akan diberikan pelatihan, pendampingan dan peningkatan kemampuan bisnis. Bagaimana caranya untuk meningkatkan kemampuan bisnis yaitu dengan mencatat dan menghitung setiap keuntungan serta mendapatkan saran yang pasti dari para ahli untuk mengembangkan usaha. Selain itu IWAS dapat mengembangkan diri menjadi pengusaha yang profesional, menjalin relasi dengan pengusaha perempuan lainnya sekaligus menjadi duta nutrisi yang mengedukasi pengetahuan tentang nutrisi ke sekolah-sekolah.


Sungguh program warung anak sehat ini selain memberikan kemudahan kepada anak-anak untuk mendapatkan jajanan yang sehat dan bernutrisi juga peduli dengan perempuan Indonesia. Para perempuan Indonesia diberdayakan untuk menjadi pengusaha. Tidak hanya sekedar ibu kantin saja namun pengusaha perempuan yang profesional. Salut untuk PT. Sarihusada Generasi Mahardika dan Danone Ecosystem Fund yang sudah mengadakan sebuah program yang keren ini.

Program Warung Anak Sehat yang sampai saat ini telah berjalan selama 9 tahun akan terus dikembangkan. Semoga saja seluruh kota di Indonesia akan mendapatkan program ini. Berharap Semarang, kota tercinta akan menjadi kota berikutnya. aamiin


21 komentar:

Prananingrum mengatakan...

Mmg jajanan sehat itu penting buat anak2 ya mb terutama kesehatan nya scr mrk lg tumbuh.

Prananingrum mengatakan...

Mmg jajanan sehat itu penting buat anak2 ya mb terutama kesehatan nya scr mrk lg tumbuh.

wuri nugraeni mengatakan...

keren banget programnya, semoga makin banyak ya warung-warung sehat, karena anak juga butuh gizi dan tetap bisa jajan,

Mechta mengatakan...

Wah bagus sekali program ini ya.. apakah sudah ditwrapkan di semua sekolah? Semoga begitu ya mba, agar anak2 aman dari terpapar jajanan tak sehat..

Uniek Kaswarganti mengatakan...

Bagus nih kalau ada warung sehat gini Mba, jadi kan orang tua enggak was-was lagi ketika memberikan uang jajan untuk anak.

Sama aja ya anak-anak tuh dimana-mana, udah disediain makanan dari rumah tetep ga afdol kalau enggak jajan kayak teman-temannya. Kalau di lingkungan sekolah sudah ada warung sehat gini ya jadi enggak kepikiran lagi deh. Dijamin aman segala macam jajanan yang disediakan untuk anak-anak selama sekolah.

Nia Nurdiansyah mengatakan...

Bagus banget programnya...bisa membiasakan anak2 makan sehat itu butuh kerjasama dr bbg pihak, salah satunya lingkungan...klo di lingkungan rumah ada warung sehat pasti lbh mudah untuk ngebiasain anak2 yaa

Momtraveler mengatakan...

Programnya mantul nih mbak. Membiasakan anak makan yg sehat dan bergizi, oeangtua pun ga was was lagi kalo anaknya jajan ya

Bunsal mengatakan...

Program yang bagus banget ini. Orang tua jadi tenang, keseharian anak-anak di sekolah, tetap dapet jajanan yang sehat

Irfa Hudaya mengatakan...

Bagus banget programnya, setidaknya orang tua ga perlu was-was lagi kalau anak-anak jajan

dee mengatakan...

Setuju sanget dengab program warung sehat ini. Benar benar bermanfaat demi lingkungan dan kehidupan yang suatainable

Dinilint mengatakan...

Wuih keren. Aku baru tahu nih ada program Warung Sehat. Program kece yg penting banget untuk anak2 & mamak2. Semoga Warung Sehat menjangkau wilayah yg lebih luas lagi ya.

Hapsari Adiningrum mengatakan...

Betul mbak. .Anak-anak memang suka jajan ya. Penting untuk kasih tahu jajanan yang sehat

Hapsari Adiningrum mengatakan...

Aamiin. .aku juga berharap semoga ada di Semarang

Hapsari Adiningrum mengatakan...

Ada di beberapa sekolah di kota tertentu mbak.. Semoga nanti di seluruh Indonesia ada WAS

Hapsari Adiningrum mengatakan...

Betulll.. Walau di rumah ada jajanan tapi tetep aja mlipir ke warung.
Iya mbak.. Kalo ada warung anak sehat jadi ga was-was lagi ketika anak minta uang jajan

Hapsari Adiningrum mengatakan...

Setuju...

Hapsari Adiningrum mengatakan...

Iya mba keren banget programnya. Semoga semarang segera ada warung anak sehat

Hapsari Adiningrum mengatakan...

Bener bunda.. .Ga was was lagi kalo anak minta uang jajan.

Hapsari Adiningrum mengatakan...

Bener bangett.. Yakin deh kalo jajahannya sehat dan bernutrisi di warung anak sehat

Hapsari Adiningrum mengatakan...

Betul mbak. program ini ga hanya untuk anak tapi juga semua kalangan terutama pemberdayaan perempuan indonesia

Hapsari Adiningrum mengatakan...

Aamiin.. Semoga semarang segera hadir. .