Selasa, 01 Oktober 2019

Wisata Air di Pantai Kartini dan Pulau Panjang jepara

Assalamualaikum teman-teman apa kabar?. Semoga semuanya dalam keadaan baik dan sehat ya. Alhamdulillah nih, hari Minggu tanggal 29 September 2019 saya dan anak-anak dapat kesempatan jalan-jalan ke Jepara. Kami rekreasi ke Pantai Marina dan Pulau Panjang yang berada di Kabupaten jepara.

Pantai Kartini


Perjalanan dari Semarang kurang lebih selama 3 jam. Kami berangkat jam 7 pagi dan sampai di parkiran wisata Pantai Kartini kurang lebih jam 10 pagi. Di pantai Kartini ada kios-kios yang menyediakan oleh-oleh makanan khas pantai seperti terasi dan ikan asin. Selain itu juga ada oleh-oleh berupa kerajinan tangan seperti hiasan dari kerang dan keong serta baju bertuliskan Jepara.
Di Pantai Kartini selain bermain-main dengan air laut dan pasir juga ada wahana kolam renang.

Anak-anak dapat bermain air di sini dengan membayar tiket masuk seharga 5.000 rupiah. Tak perlu khawatir jika lupa membawa pelampung karena juga disediakan sewa pelampung dengan harga yang terjangkau.

Kura-kura



Di Pantai ini juga ada Kura-kura sebutan sebuah tempat dengan bentuk kura-kura raksasa. Ternyata di dalamnya ada aquarium yang sangat banyak yang berisi berbagai jenis bintang laut. Ini merupakan tempat yang asyik untuk melihat berbagai macam jenis hewan laut dan bisa jadi tempat edukasi yang menarik. Begitu juga dengan lantai dua yang terdapat wahana edukasi. Namun sayangnya banyak peralatan yang sudah rusak. Menurut petugas di sana, wahana edu park ini sudah ada sejak tahun 2009. Sudah 10 tahun berlalu pantas saja mainannya sudah banyak yang rusak. Sayang sekali ya tidak ada perawatan dan perbaikkan padahal bisa jadi tempat yang seru dan asyik untuk belajar.
Di lantai 2 ini juga ada theater 3D.  Untuk tiket masuk anak-anak seharga 5000 rupiah sedangkan untuk dewasa 10.000 rupiah. Saat masuk ke dalam ruangan, tiap peserta akan mendapatkan kacamata 3D yang nanti harus dikembalikan ketika film sudah selesai. Sekitar 15 menit film 3D diputar dan mampu membuat penonton teriak kaget bahkan histeris karena seolah-olah mereka akan dimakan ular atau terkena tendangan bola. Tak perlu hawatir jika perut terasa keroncongan setelah selesai menjelajahi pantai Kartini karena ada warung makan yang menyediakan makanan khas kota jepara dengan harg yang terjangkau.

Pulau Panjang





Sudah sampai di Pantai Kartini tak puas rasanya jika tidak mengunjungi pulau Panjang. Dengan membayar tiket perahu seharga 20.000 rupiah untuk perjalanan berangkat dan kembali. Perjalanan naik perahu dari dermaga di Pantai Kartini menuju pulau Panjang kurang lebih selama 20 menit. Saat melintasi lautan kami juga berpapasan dengan kapal yang mengangkut penumpang dari kepulauan Karimunjawa. Setelah terombang-ambing di lautan, sampailah kami di Pulau Panjang. Untuk masuk ke kawasan Pulau Panjang kami juga membayar tiket lagi. Nggak perlu khawatir karena harga tiket masuk sangat terjangkau. Pulau Panjang ini dikenal dengan pasir putihnya yang indah. Di sini kami juga menjumpai beberapa pemuda yang camping. Wah, sepertinya asyik sekali ya. Mendirikan tenda di pinggir pantai, menyalakan api unggun dan menghabiskan malam dengan mendengarkan suara deburan ombak. Setelah puas bermain air di pulau Panjang, saatnya kembali lagi ke Pantai Kartini untuk pulang ke Semarang. Oiya saat membeli tiket perahu, selalu ingat nama kapalnya ya, karena saat berangkat dan pulang menggunakan kapal yang sama. Kalau ternyata saat pulang dengan kapal berbeda maka wajib membeli karcis lagi. Di dermaga pantai Kartini ada beberapa agen yang menyediakan jasa transportasi air ini.
Wisata air di Pantai Kartini dan Pulau Panjang Kabupaten memang seru dan mengasyikkan. Rasanya masih kurang waktu seharian yang kami habiskan di sana. Barangkali, di lain kesempatan bisa mengunjungi tempat wisata ini lebih lama. Di sini juga ada homestay dan hotel untuk wisatawan yang ingin menginap. Nah, nggak perlu khawatir kan kalau mau lebih lama menikmati keindahan pantai Kartini. 

14 komentar:

Farida Pane mengatakan...

Udah lama pingin ke sini. Aku baru tau soal wahana kura2. Jadi makin mupeng deh

Wahyu Widyaningrum mengatakan...

Waw... sering banget ke Jepara. Tapi belum pernah jalan ke wisatanya. Biasanya pas lebaran. Jadi rame gitu. Baca postingannya jadi pingin nih��

Mechta mengatakan...

Waah..asyik ya. Aku pengen juga nih ke Pulau Panjang.. pasti asyik klo nginap dekat2 sana y mba..

dian nafi mengatakan...

Jadi kangen ke pantai kartini lagi. Bisa teriak teriak di pantai. Main main air dan pasir bareng anak anak. Seruuu

Dinilint mengatakan...

Asik nih main ke Pantai Kartini.
Aku malah belum pernah lho masuk ke kura-kura. Menarik juga ya lihat aquarium di tubuh kura-kura.

wuri nugraeni mengatakan...

dulu ke sini pas masih berdua, kayaknya pengen ngajak anak ke sini deh, asyik bisa main pasir sepuasnya hehehe

Nia Nurdiansyah mengatakan...

Kalau pas ke sini, malah suka skip pantai kartininya...dan lanjut ke pulau panjangnya... Jadi ngga tau ada apa aja di pulau kartini

Lulu Khodijah mengatakan...

Ternyata Pulau Panjang relatif mudah dijangkau ya mbak. Kirain agak eksklusif macem Karimunjawa gitu

Anita Makarame mengatakan...

Dulu sempat mau ke sini sama keluarga. Tapi belum kesampaian. Semoga segera terwujud tahun depan. Aamiin.

Uniek Kaswarganti mengatakan...

Aku pernah nih nyebrang ke Pulau Panjang dan di tengah-tengah perjalanan perahunya rusak. Huhuhuuu... digoyang-goyang ombak dalam posisi perahu berhenti sungguh tak terbayangkan. Meskipun jaraknya tak seberapa ya dari Pantai Kartini ke Pulau Panjang, tapi rasanya tetep deg-degan. Renangnya sih gapapa, mikirin segala macam bawaan dan gadget berharga yang bikin mual deh :))

Momtraveler mengatakan...

Alhamdhulilah udah pernah jalan2 ke pulau panjang juga. Pas itu ombaknya lumayan gede kd rada dagdigdug tp sampe pulau lupa deh soalnya cantik banget

bunsal mengatakan...

Karimun Jawa dan destinasi lain di sekitarnya, masih masuk wishlist trip impian nih.
Banyak yang bilang, selain menjadi destinasi memancing, cocok juga menjadi destinasi wisata keluarga yang menyenangkan semuanya.

Dewi Rieka mengatakan...

Ya ampun mupeng sih lihat artikelmu mba, anak-anak pasti bahagia banget lihat pantai dan main pasir...

Marita Ningtyas mengatakan...

Aku dong Pengen ke sini belum kesampaian.. padahal yo deket ya dari Semarang. Pengen masuk ke Kura2 raksasanya hehe.