Jumat, 27 Maret 2020

Review : Dhadhu Board Game cafe Tembalang


Kafe yang terletak di kawasan Semarang atas ini punya tempat yang luas dan nyaman. Dari jalan utama terlihat jelas dengan warna cat biru laut. Beralamat di Jalan Timoho kav 25-26 Bulusan- Tembalang punya sesuatu yang beda.

Sesuai dengan namanya Board Game cafe, di kafe ini menyediakan aneka permainan yang seru. Bisa dimainkan berdua atau rame-rame bareng keluarga atau squad kalian. Tahu kan permainan catur, semacam begitu tapi lebih seru. Kayak permainan strategi jaman kerajaan Tiongkok dulu atau game-game yang mengasah kemampuan kecepatan tangan juga berpikir. Seru. Game yang bisa dimainkan anak-anak juga ada banyak. Nggak bakalan bosan kalau sudah di sini. Ada game yang bisa dimainkan hanya di dalam ruangan saja dan ada juga game yang boleh di bawa keluar.

Memiliki arena indoor yang nyaman banget dan dingin serta arena outdoor yang luas, kafe ini bisa jadi tempat kalau kalian mau kopdar atau acara reuni. Arena di dalam ruangan bisa menampung sekitar 40-50 orang sedangkan arena di luar bisa lebih banyak lagi. Ada playground juga yang bikin anak-anak jadi suka dan nggak mau pulang.



Untuk makanannya ada snack dan juga hidangan utama. Kemarin kita makan pandora bowl dan juga nasi goreng. Pandora bowl isinya nasi lalu ada olahan daging sapi yang diiris tipis-tipis dan dibumbui manis pedas spesial. Nasi goreng dhadhu nya juga enak. Habis lho anak-anak makan masing-masing satu porsi .





Kalau sudah masuk waktu salat dan kalian masih betah duduk di sini, nggak usah khawatir karena ada mushola yang bersih dan nyaman yang bisa dipakai. Ada sarung dan mukena nya juga. Pas deh, kemarin rencana jam 1 siang pulang eh hujan deras jadi sekalian salat Zuhur dulu di sini.

Kamis, 19 Maret 2020

Dengan Pola Hidup Sehat, Semakin Tua Semakin Sehat Dan Bahagia

Aku dan berat badan berlebih

Assalamualaikum..
Apa kabar teman-teman, semoga semuanya dalam keadaan sehat dan bugar ya. Di tahun 2020 ini aku punya target menurunkan berat badan sebanyak 5-7 kg. Waah banyak banget ya timbunan lemak yang harus dihilangkan. Biar apa sih? Biar keliatan langsing dan menarik gitu? Eengg... Sebenarnya alasan ingin menurunkan berat badan adalah karena saat ini sudah termasuk kategori berat badan berlebih. Whaaat??? Serius??? "Mbak Hapsari nggak keliatan gemuk kok" Kata teman. Memang iya, kalau dilihat sepintas nggak keliatan gemuk karena tertutup gamis dan khimar. Setelah dihitung pakai IMT atau Indeks massa tubuh baru deh ketahuan.

Menghitung Indeks Massa Tubuh 

Teman-teman sepertinya sudah banyak yang paham ya tentang perhitungan massa tubuh ini. Dengan rumus.
IMT :      berat badan (kg) /  tinggi badan (m) x tinggi badan (m).

Jika didapatkan hasil
Kurang dari 18 kategori berat badan kurang
 18- 24,9  kategori ideal
25-29, 9 kategori berat badan berlebih
30-39, 9 kategori gemuk.

Nah saat ini dengan berat badan 62 kg dan tinggi 150cm aku di kategori berat badan berlebih dengan hasil 27, 332. Beberapa waktu yang lalu juga sempat merasakan nafas pendek dan ngos-ngosan dan cepat merasa lelah. Jadi aku putuskan untuk menjalani pola hidup sehat agar berat badan turun dan lebih sehat lagi.

Tiga tips hidup sehat ala aku ;



1.Olahraga Teratur


Aku suka sekali renang. Dalam sepekan selalu disempatkan dan dipaksakan untuk ke kolam. Selama 30 menit sampai satu jam bisa 7-14 kali renang dari ujung kolam ke ujung yang lain.  Rasanya setelah renang, badan jadi bugar dan rilek. Tidur juga lebih nyenyak dan berkualitas.

Di rumah, aku melakukan workout sendiri pakai bantuan youtube hehehe. Yang penting olahraga ya.. Oiya, beberapa emak-emak punya pendapat kalau melakukan pekerjaan rumah tangga seperti nyapu, ngepel, cuci piring, momong anak dan mondar-mandir ke dapur itu termasuk olahraga. SALAH ya... Karena olahraga itu nggak sekedar asal bergerak. Ada pemanasan, inti dan pendinginan. Selain itu juga ada ritme dan frekuensinya. Yang paling gampang buat pedoman sih, keringat yang keluar aja beda lho. Lebih seger kalau habis olahraga.

Yuk, jangan jadikan pekerjaan rumah tangga sebagai alasan buat nggak olahraga. Cukup olahraga 15 menit sehari saja, biar badan sehat dan bugar.

2. Pola makan yang baik


Ada banyak sekali diet untuk menurunkan berat badan. Dan aku sudah beberapa kali mencoba dengan cara yang berbeda-beda. Ada diet yang nggak makan nasi, tepung dan nggak makan pisang. Diet cara ini mengkonsumsi makanan tinggi lemak dan protein dan mengurangi makanan yang mengandung karbohidrat. Pernah sih ikutan juga pakai cara ini dan dalam 3 hari berat badan turun 1 kg. Wah, aku sempat takjub dan menyangka kalau dalam 2 minggu saja bisa mencapai berat badan yang aku impian. Nyatanya, begitu aku makan nasi dan mie, berat badanku langsung melonjak naik.. Duh.. Duh..
Maka aku mencari tahu info lebih banyak tentang efek samping dan akibatnya dan memutuskan untuk meninggalkan diet dengan cara ini.

Pola makan gizi seimbang adalah yang aku terapkan saat ini. Apa saja dimakan. Dari nasi, sayuran apa saja dan buah-buahan segala macam. Tapi... dengan porsi yang tidak berlebihan. Semoga dengan pola makan yang baik, aku bisa hidup dengan sehat dan dapat bonus yaitu menjadi langsing.

Tips sehat yang diberikan seorang selebgram yang aku follow, yaitu dengan melakukan diet atau mengatur pola makan. Cara ini diyakini berpengaruh sebanyak 80℅ terhadap penurunan berat badan. Mereka berhasil menurunkan berat badan sebanyak 20kg. Wah mereka saja bisa, semoga aku juga bisa ya. Yang penting niat dan komitmen yang kuat.

3. Istirahat cukup


Istirahat yang cukup termasuk dalam tips sehat ala aku. Kurang tidur bisa menyebabkan banyak sekali gangguan kesehatan antara lain obesitas. Lha kok bisa, apa hubungannya ya. Saat terjaga apalagi di malam hari, kemudian ngemil makanan yang tinggi kalori maka dapat dipastikan berat badan akan melonjak dan mengakibatkan obesitas.

Ini tiga cara pola hidup sehat ala aku. Diusia menjelang 40 tahun, harapanku dapat hidup dengan bahagia dan sehat. Sehingga bisa membersamai anak-anak sampai mereka dewasa kelak.



Jumat, 06 Maret 2020

Dieng dan Karimunjawa, Dua Destinasi Wisata Yang Menjadi Travelling Impianku

Traveling, menurutku mempunyai banyak sekali manfaat antara lain bisa membuat badan dan pikiran jadi fresh dan mengurangi stres. Ibu Rumah tangga seperti saya juga bisa stres lho, itu karena kebosanan dalam menjalani pekerjaan domestik yang sama dan berulang-ulang. Hal yang wajar sih menurutku maka untuk mengembalikan semangat dan meningkatkan kebahagiaan saya suka melakukan travelling.

Traveling di dalam kota seminggu sekali lebih baik daripada travelling jauh namun hanya setahun sekali. Quote itu pernah aku baca di caption instagram. Aku setuju saja, selain setiap minggu badan dan jiwa perlu refreshing juga nggak perlu mengeluarkan budget besar kalau hanya di dalam kota sendiri. Apalagi aku sebagai ibu tunggal agak rempong kalau bawa 3 bocah kemana-mana. Travelling di dalam kota bersama keluarga juga bisa mempererat hubungan antar anggota keluarga.


Taman srigunting, kota lama Semarang

Bermain pasir di pantai Marina Semarang


Tinggal di kota Semarang selama ini, dari kecil sampai sekarang berumur hampir 40 tahun terasa menyenangkan. Aku dan anak-anak beberapa kali melakukan travelling di dalam kota. Mulai dari kota lama yang apik dan unik dengan bangunan bersejarahnya hingga ke pantai Marina yang seru dan asyik. Beberapa kali, kami juga sempat ke kabupaten Semarang yang akhir-akhir ini banyak sekali tempat wisata seru dan kekinian. Tempat wisata yang pernah kami kunjungi di daerah kabupaten Semarang antara lain Cimory, Eling bening dan museum kereta Api Ambarawa.

Cimory Ungaran

Mas Arfa, di eling bening

Pantai Pulau Panjang   Jepara

Diajakin piknik sama Lazis di Pulau Panjang

Jika dirasakan ada budget bisa juga untuk merencanakan destinasi wisata lebih jauh agar kita juga tahu banyak sekali tempat yang menarik dan Indah. Aku dan anak-anak juga beberapa kali mendapatkan kesempatan untuk travelling ke luar kota. Dan itu sungguh mengasyikkan. Kami lalu membuat rencana dan harapan untuk dapat melakukan traveling impian di tahun 2020 ini.

Dua Destinasi Wisata Travelling Impian Tahun 2020

Dieng Wonosobo

Sejak tahun 2016 saya selalu dibuat iri dengan teman-teman yang sudah melakukan travelling ke Dieng di Wonosobo. Tempat wisata di sekitar Dieng seperti bukit sikunir, telaga warna dan candi Arjuna sungguh sangat elok. Selama ini saya hanya bisa mengaggumi keindahan tempat wisata ini dari foto-foto yang diposting teman-teman di laman sosial media mereka. Pengen banget bisa ke sana dengan anak-anak di tahun 2020 ini. Aamiin.




Sumber foto Dieng : fanpage FB Indahnya Alam Indonesiaku


Karimunjawa



Sumber foto karimunjawa : fanpage FB Wisata kita
Wisata bahari di Jepara yang letaknya tak jauh dari Semarang ini benar-benar memukau. Aku selama ini hanya bisa memandang keindahan dan keseruan jika wisata di sana dari foto teman.

Beberapa kali mendapatkan broadcast dari teman yang juga pemandu wisata tentang biaya dan tempat-tempat yang akan kami kunjungi jika ke karimunjawa.

Semoga tahun ini, kami dapat kesempatan untuk melakukan traveling ke dua tempat yang indah ini. Aamiin.