Kamis, 19 Maret 2020

Dengan Pola Hidup Sehat, Semakin Tua Semakin Sehat Dan Bahagia

Aku dan berat badan berlebih

Assalamualaikum..
Apa kabar teman-teman, semoga semuanya dalam keadaan sehat dan bugar ya. Di tahun 2020 ini aku punya target menurunkan berat badan sebanyak 5-7 kg. Waah banyak banget ya timbunan lemak yang harus dihilangkan. Biar apa sih? Biar keliatan langsing dan menarik gitu? Eengg... Sebenarnya alasan ingin menurunkan berat badan adalah karena saat ini sudah termasuk kategori berat badan berlebih. Whaaat??? Serius??? "Mbak Hapsari nggak keliatan gemuk kok" Kata teman. Memang iya, kalau dilihat sepintas nggak keliatan gemuk karena tertutup gamis dan khimar. Setelah dihitung pakai IMT atau Indeks massa tubuh baru deh ketahuan.

Menghitung Indeks Massa Tubuh 

Teman-teman sepertinya sudah banyak yang paham ya tentang perhitungan massa tubuh ini. Dengan rumus.
IMT :      berat badan (kg) /  tinggi badan (m) x tinggi badan (m).

Jika didapatkan hasil
Kurang dari 18 kategori berat badan kurang
 18- 24,9  kategori ideal
25-29, 9 kategori berat badan berlebih
30-39, 9 kategori gemuk.

Nah saat ini dengan berat badan 62 kg dan tinggi 150cm aku di kategori berat badan berlebih dengan hasil 27, 332. Beberapa waktu yang lalu juga sempat merasakan nafas pendek dan ngos-ngosan dan cepat merasa lelah. Jadi aku putuskan untuk menjalani pola hidup sehat agar berat badan turun dan lebih sehat lagi.

Tiga tips hidup sehat ala aku ;



1.Olahraga Teratur


Aku suka sekali renang. Dalam sepekan selalu disempatkan dan dipaksakan untuk ke kolam. Selama 30 menit sampai satu jam bisa 7-14 kali renang dari ujung kolam ke ujung yang lain.  Rasanya setelah renang, badan jadi bugar dan rilek. Tidur juga lebih nyenyak dan berkualitas.

Di rumah, aku melakukan workout sendiri pakai bantuan youtube hehehe. Yang penting olahraga ya.. Oiya, beberapa emak-emak punya pendapat kalau melakukan pekerjaan rumah tangga seperti nyapu, ngepel, cuci piring, momong anak dan mondar-mandir ke dapur itu termasuk olahraga. SALAH ya... Karena olahraga itu nggak sekedar asal bergerak. Ada pemanasan, inti dan pendinginan. Selain itu juga ada ritme dan frekuensinya. Yang paling gampang buat pedoman sih, keringat yang keluar aja beda lho. Lebih seger kalau habis olahraga.

Yuk, jangan jadikan pekerjaan rumah tangga sebagai alasan buat nggak olahraga. Cukup olahraga 15 menit sehari saja, biar badan sehat dan bugar.

2. Pola makan yang baik


Ada banyak sekali diet untuk menurunkan berat badan. Dan aku sudah beberapa kali mencoba dengan cara yang berbeda-beda. Ada diet yang nggak makan nasi, tepung dan nggak makan pisang. Diet cara ini mengkonsumsi makanan tinggi lemak dan protein dan mengurangi makanan yang mengandung karbohidrat. Pernah sih ikutan juga pakai cara ini dan dalam 3 hari berat badan turun 1 kg. Wah, aku sempat takjub dan menyangka kalau dalam 2 minggu saja bisa mencapai berat badan yang aku impian. Nyatanya, begitu aku makan nasi dan mie, berat badanku langsung melonjak naik.. Duh.. Duh..
Maka aku mencari tahu info lebih banyak tentang efek samping dan akibatnya dan memutuskan untuk meninggalkan diet dengan cara ini.

Pola makan gizi seimbang adalah yang aku terapkan saat ini. Apa saja dimakan. Dari nasi, sayuran apa saja dan buah-buahan segala macam. Tapi... dengan porsi yang tidak berlebihan. Semoga dengan pola makan yang baik, aku bisa hidup dengan sehat dan dapat bonus yaitu menjadi langsing.

Tips sehat yang diberikan seorang selebgram yang aku follow, yaitu dengan melakukan diet atau mengatur pola makan. Cara ini diyakini berpengaruh sebanyak 80℅ terhadap penurunan berat badan. Mereka berhasil menurunkan berat badan sebanyak 20kg. Wah mereka saja bisa, semoga aku juga bisa ya. Yang penting niat dan komitmen yang kuat.

3. Istirahat cukup


Istirahat yang cukup termasuk dalam tips sehat ala aku. Kurang tidur bisa menyebabkan banyak sekali gangguan kesehatan antara lain obesitas. Lha kok bisa, apa hubungannya ya. Saat terjaga apalagi di malam hari, kemudian ngemil makanan yang tinggi kalori maka dapat dipastikan berat badan akan melonjak dan mengakibatkan obesitas.

Ini tiga cara pola hidup sehat ala aku. Diusia menjelang 40 tahun, harapanku dapat hidup dengan bahagia dan sehat. Sehingga bisa membersamai anak-anak sampai mereka dewasa kelak.



13 komentar:

Tirami Widyawati mengatakan...

Auto buka kalkulator buat menghitung indeks masa tubuh diri sendiri. Hasilnya 19, alhamdulillah ideal hihi.

mau tingkatin lagi ah, mau coba pakai tipsnya mba Hapsari supaya tetep sehat. Hihi

Dini Rahmawati mengatakan...

Mba Hap, udah langsing lho (dibanding aku) hihii.. iya setuju sama tipsnya. Semoga sehat selalu ya mbaa

Anjar Sundari mengatakan...

Ya Allah, hasil hitungan saya GEMUK, mbak. Sudah bisa diduga sih, memang agak bandel saya sukanya makan malam berlebih hehe. Habis gimana dong, malam tuh waktu yang paling enak buat makan. Apalagi hujan-hujan gini, lupa deh saya komitmen no makan malam hahahah.

Saya sebenarnya juga suka berenang mbak, tapi sampai sekarang belum bisa, karena nggak pernah ada waktu buat latihan. Ya udah olah raganya cuma gerak-gerak badan aja, sama sepeda statis 5 menitan :)

Semoga Mbak Hap tetap sehat dan bisa membersamai anak-anak hingga dewasa dan sukses ... aammin.

Mechta mengatakan...

Alhamdulillah..masih ideal meski sdh nyaris lebih..hihi.. Setuju dg 3 tips nya ini mba. Kombinasi ketiganya in syaa Allah bikin sehaaat sampai tua. Aamiin..

Momtraveler mengatakan...

Aku yg belum teratur olahraga mbak kadang ga ada temen bikin ga semangat eh tapi lebih banyak alesan sih sebenernya hehe.... harus lebih sadar diri ya biar bisa sehat terus sampe tua. Makasih tipsnya mbak

Lulu Khodijah mengatakan...

Laah iyaya baru nyadar. Semakin malem tidurnya semakin rentam serangan laper malem2. Alhasil makan dan nambah deh tuh BB ahaha

Prananingrum mengatakan...

Iya olhrg teratur itu penting y mb..meski cuman 15 menit

Hidayah Sulistyowati mengatakan...

Apa kabarnya aku yang ada di 32, hahahaa. Bener sih olah raga itu penting banget, meski masih kurang konsisten terutama kalo musim hujan atau sedang ada social distancing. JAdi galau antara pengen jalan-jalan tiap pagi atau rebahan.

Sehat sehat ya mbak, juga jaga bahagiamu karena ini menjadi salah satu indikator agar hidup sehat fisik dan mental

Nyi Penengah Dewanti mengatakan...

Aku tambah gemuk nih mba, dari 40 naik ke 42 menjelang 43
senagnya aku hahahha. Pengen ideal aku 45 semoga segera
pikirannya agak kurang rileks

Maya Atika mengatakan...

Simple is the best ya mb. Cukup tiga aja tipsnya asalkan konsisten pasti hasilnya baik. Semoga kita semua sehat selalu

Angrumaoshi mengatakan...

Langsung deh itung-itung indeks massa tubuhku berapa ya... harus dijaga nih.

Uniek Kaswarganti mengatakan...

Lagi berusaha makan banyak buah nih mba. Asupan karbo tetap banyak hahaaa.. pengin lama-lama bisa ngurangin nih. Bener banget, karbo tuh memang bikin berat badan cepat banget nambahnya.

Yuliad mengatakan...

Aku putuskan skip dulu untuk ikutan hitung menghitung, mbak. Langsung ke penerapan hidup sehat dulu saat ini. Masih pr nih, makan sayur. Makasih ya tipsnya