Rabu, 08 April 2020

3 Hal Agar Selalu Happy Saat Pandemi Corona



Beberapa waktu terakhir ini, tepatnya sekitar 3 minggu lebih, aku patuh untuk di rumah saja. Himbauan pemerintah untuk melakukan social distancing yang kemudian diganti menjadi physical distancing, adalah untuk mencegah penyebaran covid-19. Walaupun berjauhan dan menjaga jarak namun tetap bisa melakukan komunikasi dan bersosialisasi dengan kawan atau saudara. 

Hari-hari pertama rasanya enjoy banget di rumah saja. Tiga anak libur sekolah sejak tanggal 16 Maret 2020 dan kegiatan belajar mengajar dilaksanakan secara online. Minggu demi minggu semakin  'mencekam" Karena selain menyediakan banyak cemilan juga kudu siap energi untuk selalu membersamai mereka. Oiya, yang belum begitu mengenalku, aku punya tiga anak dengan usia 12 tahun, 8 tahun dan 6 tahun . Kudu tetap waras agar suhu di dalam rumah tetap adem dan stabil. 

Keadaan pandemi corona seperti ini awalnya juga membuat saya dipenuhi kekhawatiran dan kecemasan. Rasanya wajar ya, karena kita menghadapi wabah yang nggak terlihat mata namun nyata dampaknya. Sempat nangis, takut, dan emosi jadi nggak stabil. Kadang marah, kadang nangis sendiri dan kayak stress. Takut belanja, takut pegang uang dan jadi parno kalau mau keluar rumah. Alhamdulillah, semua sudah terlewati. Fase semacam ini wajar sih karena namanya juga manusia. Iya kan? Hehe... Setelah melalui fase ini kemudian aku sudah merasa lebih tenang dan rileks. Biar tetap happy selama masa di rumah saja, aku mau bagiin tips ala-ala aku ya. 

Yang pertama lakukan olahraga. Olahraga ringan aja seperti senam, yoga atau aerobik yang videonya bisa dilihat di youtube. Banyak pilihan mau yang low impact atau yang high impact. Mau yang menurunkan berat badan atau mengencangkan bagian badan. Aku milih yoga dan kadang diselingi dengan tabata workout. Suka-suka aja jadwalnya, yang penting badan gerak dan berkeringat. Beberapa hari terakhir aku suka joging keliling kompleks perumahan. Sambil menghirup udara pagi yang segar dan dapat keringat juga. Fresh banget rasanya olahraga rutin. Olahraga juga sangat baik untuk men ingatkan imun tubuh. Teman-teman olahraganya apa nih selama masa di rumah saja?. 

Tips kedua ala aku yaitu perawatan kulit. Eits, jangan salah ya, walaupun di rumah tetap kudu jaga kebersihan dan kesehatan kulit. Tetap pakai sunscreen kalau pagi hari. Apalagi jam 10an aku rutin jemur di depan rumah.
Jemur badan jam 10 pagi selama 15 menit


Walaupun nggak keluar rumah, sinar matahari tetap bisa masuk menembus kaca jendela. Jadi usahakan tetap pakai sunscreen ya, kalau nggak, bukannya tambah putih karena di dalam rumah saja, malah kulit nanti jadi makin kusam. Trus kalau merasakan kulit jadi sehat, segar dan bersih, perasaan makin bahagia. 

Melakukan sesuatu yang disukai jadi tips yang ketiga. Yang hobi masak, masa seperti ini bisa untuk mengembangkan resep masakkan dan menunjukkan kebolehan memasaknya. Sepertinya sekarang ini lebih banyak di depan kompor dan lebih banyak cucian piring gelasnya dibandingkan sebelumnya. Iya kan... Apalagi banyak resep baru kekinian yang langsung ngehits. Kayak dolgana coffee. Aku juga sudah dua kali bikin. Jadi hobi yang menyenangkan



Yang seneng jajan bakso dan mie ayam juga rajin browsing resep mie ayam untuk dibuat sendiri. Duh kangen jajan kan jadinya... 


Beberapa temanku yang hobi menjahit, buka orderan masker kain dan orderan yang masuk juga lumayan lho. Pemerintah memang sudah menghimbau untuk memakai masker saat keluar rumah. Masker kain digunakan untuk keluar rumah, sedangkan masker medis dan N95 dipakai untuk tenaga kesehatan. Dari hobi menjahit baju untuk anak sendiri ternyata bisa menjadikan hobi yang menghasilkan. Apalagi semakin meningkatnya pesanan masker kain, makin banyak pundi-pundi yang yang dikumpulkan. Jadi dalam kondisi sesulit apapun, insya Allah selalu ada jalan keluar. 
Tetap semangat ya semuanya. 
Stay safe and stay healthy. 

18 komentar:

Fitra juwita mengatakan...

Bener bgt mb..aku skrg merasa jago bikin mie ayam..sangking seringnya bikin.heheheehe....

Wahyu Widyaningrum mengatakan...

Pokoknya apapun masih bisa dilakuin ya mbak. Sama nih pas wfh gini hobi-hobi uang memghasilkan keluarkan semua hehehe...

Fitra juwita mengatakan...

Dan siap siap saja ketika sudah kelar wabah ini..kita lepas keluar dari rumah dengan beratbadan kekanan..hehehhe

Mechta mengatakan...

Hobi masaknya bisa terus ditekuni hingga menghasilkan tuh ya mba..jempol deh...

Wuri Nugraeni mengatakan...

Aku yang kedua kok malah males ya wkwkwkw mana sering panasan tapi nggak telaten skincare wkwkwk

Keisya Avicenna mengatakan...

Semoga sehat selalu ya, Mbak Hapsari, anak-anak dan keluarga. Semoga pandemi ini segera berlalu. Hmm... jadi pengen mie ayam deeeh. Enak banget itu, Mbak kelihatannya. Terus pengen nyobain Dalgona-Nya Mbak Hapsari juga. Endeeees pastinya.

Anjar Sundari mengatakan...

Dalgona cofee nih lagi ngehits ya Mbak, sepertinya gampang bikinnya. Tapi belum pernah nyoba juga saya. Iya, jangan lupa berjemur mulai jam 10.00 selama 15 menit, akan menyehatkan badan sekaligus mengusir virus-virus nakal.

Semoga Mbak Hap, anak-anak dan kita semua selalu sehat, bisa melewati masa-masa wabah ini dengan sabar dan insya Allah semua akan kembali seperti semula :)

Nyi Penengah Dewanti mengatakan...

ngiler banget euy semua menu masakanmu yang aku sukai hhahaha
jahat ih mba, aku pengen dolan rumahmu ya masakin ini wakakak

Prananingrum mengatakan...

Aku jg mengalami hal yg sama pas tetangga PDP..(meski negatif) tp sempet takut jg tp alhamdulilah sekrg udh bs rileks dan menikmati masa2 stay at home.. bersyukur msh sehat.dalgonanya menggoda nih.

Arina Mabruroh mengatakan...

Aku waswas sejak corona masih di Wuhan, karena suami kerja di bandara. Bismillah semoga semuanya sehat, pasti banyak hikmah di balik pandemi ini.

Aku masih belum rutin olahraga nih, Mbak ��
Btw dalgonanya jadi cakep.. aku kmrn nyoba cuma pke 1 sachet kopi, jadi sih tapi dikit banget. Hehe

Momtraveler mengatakan...

Asyik bikin dalgona juga. Aku juga kemarin bikin sama anakku mbak lumayan buat ngisi kegiatan. Enak pulak kan

Ika Puspita mengatakan...

Selama anak-anak libur, aku juga jadi lebih rajin bikin-bikin makanan nih mb Hap. Ya gimana, bawaannya pada laper terus, mulutnya pengen ngemil mulu. Semoga selalu sehat ya mba, pandemi segera berlalu dan kita bisa berkarya lagi dan beraktivitas dengan bebas

Hidayah Sulistyowati mengatakan...

Mba Hapsari rajinnya sampai udah bikin Dalgona Coffee juga.
Aku juga bikin masker sendiri, sampai bisa jahit 6 masker. Tapi juga beli bikinan sepupuku buat bantuin karena dia nggak kerja sejak ada aturan physical distancing

Diyanika mengatakan...

Untuk khusus meluangkan waktu buat olahraga, memang belum, Mbak. Tapi, aku bergerak terus kalau di rumah. Kalau pas jemur baju sekalian dede juga. Semoga itu cukup untuk ganti waktu olahraga.

Irfa Hudaya mengatakan...

Aku kok belum kepengen bikin dalgona coffee ya? Lama enggak sih bikinnya? Suka males kalau lama bikinnya hehehe

Uniek Kaswarganti mengatakan...

Alamaakk ada Dalgona. Aku masih gemes nih belum jadi juga bikinnya.

Iya dibawa happy aja ya meski di rumah aja. Aku jadi seneng maskeran nih mba di rumah terus. :))

Yuliad mengatakan...

Weee, sukses ya bikin Dalgona, nya. Saya kok nggak minat ya bikin itu. Paling mentok bikin kopi hitem lalu kalau pengen lagi bikin white coffee aja. Hehehe,

Noorma Fitriana M. Zain mengatakan...

Aku selama fi rumah malah sering masak apapun sekarang wkwkkw. Malah rajin