Kamis, 30 April 2020

Food Preparation Simple Dan Mudah Ala 3 Emak.



Sudah lebih dari sebulan, ketentuan pemerintah untuk tetap #dirumahsaja. Melakukan pekerjaan di rumah, ibadah di rumah dan belajar di rumah. Nah, mendampingi anak-anak belajar di rumah ini yang awalnya bikin kalang kabut. Bisa setengah hari sendiri bersama mereka mengerjakan tugas dari bu guru. Tahu-tahu sudah waktunya makan siang dan belum masak. 
Jadi aku mulai lagi menerapkan food preparation agar nggak banyak waktu untuk masak. 

Ini tips sederhana ala aku ya. 


1. Belanja sayur seperti bayam, buncis, sawi, sayur sop dan sayur asam. Ini disesuaikan dengan kebutuhan dan kesukaan masing-masing keluarga. Sayur sawi biasanya buat masak bakso. Bisa juga untuk pelengkap mie goreng Jawa. 
-siangi sayuran. Petik bayam, atau pilih sayur lain misal sawi yang agak layu. Kalau buncis saya bersihkan ujung-ujungnya. Setelah bersih lalu dicuci bersih kemudian diangin-anginkan. Jangan menyimpan sayuran dalam keadaan basah karena cepat layu. 

- wortel masih keadaan utuh. Bisa juga diserut atau dipotong kemudian diblansir. Setelah blansir bisa masuk ke freezer. Tapi kalau saya masih keadaan utuh. 
2. Tahu
Cuci bersih lalu kukus. Menyimpan dalam keadaan kukus lebih awet dan juga kokoh. Jika mau bisa di bacem atau diungkep. 

3. Daging sapi. 
Langsung masuk freezer tanpa dicuci. Cuci nanti kalau sudah mau dimasak. Jika membeli dalam jumlah banyak, pisah-pisah sebelum masuk freezer sesuai dengan kebutuhan setiap masak., agar setiap masak nggak perlu mengeluarkan semua stock dan mengembalikan sisa daging ke freezer lagi. Membekukan-mencairkan kemudian membekukan lagi dapat menurunkan kualitas daging. 
3. Daging Ayam.
Cuci bersih lalu ungkep. Setelah dingin baru masukkan ke dalam freezer. 

4. Ikan. 

Cuci bersih dalam keadaan sudah dipotong-potong lalu bumbuin dengan bumbu kuning. Nanti bisa tinggal goreng. Atau jika mau masak pedas , maka goreng setengah matang lalu masak bumbu pedas. 

5. Bikin bumbu dasar. 


Aku kalau bikin bumbu dasar sekalian tiga jenis yaitu bumbu dasar putih, kuning dan merah. Untuk bahannya banyak sekali macamnya di google ya. Pilih aja yang sesuai dengan selera. 
Kalau saya pilih yang simple aja misalnya bumbu kuning bahannya bawang merah, putih dan kunyit. Bumbu merah isinya bawang merah putih dan cabai merah. 

Tenang aja teman-teman, dengan cara ini kualitas dan nutrisi makanan tetap terjaga dan kondisi baik. Cara ini bikin dapur dan kulkas dalam keadaan rapi dan bersih. Kalau dapur bersih, walaupun ukurannya kecil tetap semangat masak dan nyaman ya. Food preparation juga membantuku mengatur waktu dengan baik. Nggak perlu berlama-lama di depan kompor. 

Apa cara teman-teman dalam food preparation. Sharing yuk... 

12 komentar:

Dini Rahmawati mengatakan...

Food prep rapi gini juga bisa irit ya mbak. Aku belum istiqomah jalanin foodpred je.

Mechta mengatakan...

Nah ini nih yg masih jadi PR buatku mba, biasabya numpuk campur2 di kulkas. Hiks .. Maturnuwun tipsnya y mba.. Mudah2an ku bisa mencontoh hal baik ini..

Prananingrum mengatakan...

Wah..top bgt nih food prepnya MB..kudu dicoba nih...aku..tahu bgsnya dikukus dl ya noted bgt nih

Sang Maya mengatakan...

Untuk bulan puasa ini jarang food prep. lebih sering masak simpel aja, terus Alhamdulillah lebih sering dapat kiriman rezeki makanan juga

Dani Ristyawati mengatakan...

Aku termasuk yang belum tune in dengan metode food prep ini lebih suka spontan aja pengen masak apa tergantung ketersediaan sayuran di kulkas...anaknya mager soalnya hehehe

Momtraveler mengatakan...

Punya bumbu dasar tu udah paling enak ya mbak klo mo masak tinggal cemplung2 aja tapi kadang suka males bikinnya hehehe

Arina Mabruroh mengatakan...

Bener banget, foodprep bikin masak jadi lebih cepat. Aku belum pernah bikin bumbu dasar, blm punya blender jadi beli di temen ��

Pengen nih sesekali nyoba blansir sayur biar stoknya makin aman

Uniek Kaswarganti mengatakan...

Nah, aku selalu kelupaan untuk mengukus tahu nih mba. Kadang kalau udah beberapa hari di kulkas baunya jadi ga enak ya kalau enggak dikukus. Thanks sudah diingatkan mba.

Erni Suryana mengatakan...

bikin resep bumbu dasarnya dong mbaa, huhu aku nih paling suka males banget food prep, pdahal manfaatnya banyak banget apalg ditengah pandemi kyk gni

nia nurdiansyah mengatakan...

Kayak gini tuh membantu banget ya Mba bikin waktu masak jd lebih singkat trus juga ga boros beli bahan2 masakan ya

Hidayah Sulistyowati mengatakan...

Aku kadang rajin, seringnya malas nyiapin bumbu dasar. KArena kadang nggak masak, kan boros kalo kelamaan juga. Tapi sejak pandemi jadi tiap hari masak, butuh bumbu dasar gini. Akhirnya bikin juga awal puasa

Irfa Hudaya mengatakan...

Dari awal social distancing aku sudah mulai food preparation. Cuma kalau bumbu-bumbu aku lebih suka siapin dadakan. Kali karena nggak ada anak kicik ya? Makanya nggak terlalu ribet, nyiapin juga tetep ada yang bantuin