header hapsari adiningrum

Mengelola Hidup Menjadi Lebih Bahagia Dengan Mindtera

 


Stress is inevitable , But You Can Take Controll



“Mama, aku bosan pengen ke sekolah” keluh Caca, anak perempuan saya yang berusia 7 tahun  Dari Awal bulan Maret 2020 hingga awal tahun 2021 dia tidak masuk sekolah. Pandemi Covid19 yang melanda Indonesia, termasuk di kota Semarang ini memaksa kita untuk bekerja dan belajar dari dalam rumah. Anak-anak yang biasanya masuk sekolah setiap hari lalu berubah pola belajarnya menjadi belajar online. Apakah dengan perubahan ini, anak-anak merasa bahagia-bahagia saja atau justru merasa stress?. Sebagai anak sekolah alam, Caca merasakan kebosanan saat pembelajaran jarak jauh. Saat sekolah dia bisa bereksplorasi dengan lingkungan sekolah dan bebas bermain, namun selama setahun ini dia harus mengikuti zoom agar tidak tertinggal materi pelajaran sekolah.

Bisa ya anak-anak merasa stress?. Tentu saja bisa. Perubahan yang mereka hadapi selama pandemi seperti pembelajaran jarak jauh, tidak bisa main dengan teman-temannya dan tidak bisa pergi jalan-jalan. Caca juga sering mengeluh ingin piknik atau berenang, padahal di saat PPKM lalu tempat-tempat yang ingin dia tuju sedang tutup, tidak menerima pengunjung. Anak-anak saja bisa merasa jenuh dan stress apalagi orang dewasa yang harus mencari nafkah dan berbagai persoalan lainnya. Stress adalah reaksi fisik maupun emosional kita saat menghadapi perubahan-perubahan yang memaksa kita untuk menyesuaikan diri.  Inilah materi awal yang disampaikan oleh Kak Devi Chan dalam webinar dengan tema ; Kelola Hidup lebih Baik Dengan Aplikasi Mindtera : Kelola Stress Dengan Berkesadaran.

Tiga Tanda Yang Perlu Diperhatikan Ketika Stress Mulai Menjadi Burn Out



Teman-teman, apakah selama ini pernah merasakan pekerjaan menulis artikel yang dulunya terasa mudah dan menyenangkan kini berubah menjadi saat sulit. Pernah jugakah merasakan sulit tidur dan kadang tidak makan siang karena urusan pekerjaan. Perlu diwaspadai ya. Teman-teman apakah kita sudah menyadari jika kita sudah stress atau bahkan sudah burn out. Apalagi jika pembaca artikel ini seorang ibu rumah tangga dan juga memiliki karier. Sebagai ibu rumah tangga biasanya kita merasa multitasking itu sesuatu hal yang wajar. Eits, ternyata salah besar anggapan ini, multitasking justru dapat memicu stress. Jadi kerjakan dulu satu-satu ya bund.

Kak Devi Chan, menyampaikan materi ini dengan saat apik. Kami, para peserta terdiri dari blogger-blogger dari seluruh tanah air diberikan kuisioner untuk mengukur kadar stress. Blogger bisa stress juga ya?. Ya bisa dong, apalagi jika date line numpuk dan pekerjaan rumah belum selesai. Hahahaha.. Curhat nih jadinya. Tools dalam kuisioner ini seperti apakah sulit berkonsentrasi, tugas yang mudah menjadi sulit dikerjaka, pikiran buntu, gangguan tidur, sering melewatkan waktu makan dan lain-lain. Nanti dari kuisioner yang telah saya isi dalam kurun waktu tidak sampai 2 menit keluar hasilnya.

0-40% kategori Bearable Stress

41-7% kategori High Stress

71-100% kategori Burn Out

Burn Out adalah dimana kita tidak mampu mengelola stress sehingga mengalami kelelahan yang berlebihan baik secara fisik maupun emosional. Nah di aplikasi Mindtera yang sudah saya unduh ini ada kelas "Burn out Di Pekerjaan". Dan inilah sekilas tentang burn out. Kelas ini memiliki fasilitator yang bernama Ryu Deka, beliau merupakan mindfulness facillitator /storyteller. Ryu Deka telah lama berkecimpung dibidang public relation, chief editor di berbagai majalah lifestyle. Dengan pengalaman kerja selama 27 tahun inilah sekarang Ryu Deka akan membantu kita. Di Mindtera, beliau akan menjadi instruktur yoga dan mindfulness facillitator. 

Strategi Untuk Tipemu



Di webinar kali ini kak Devy Chan memberikan materi dengan sangat menarik dan bermanfaat sekali. Kak Devy meberikan penjelasan bagiamana mengatasi stress sesuai dengan tipe masing-masing personal.

Tipe Ekstrinsik

-          Carilah hal-hal baru yang kamu sukai di luar pekerjaan

-          Ingat hal-hal yang didapatkan berkat pekerjaan (uang, tunjangan, hadiah )

-          Mencoba menemukan value diri

-          Mengingat apa yang kita lakuka tidak sia-sia dan memberikan manfaat kepada orang lain

 

Tipe Intrinsik

-          Temukan ilmu baru atau inspirasi untuk memperkaya pekerjaan saat ini

-          Mengingat kembali asek yang menyenangkan dan disukai dari pekerjaan ini

-          Mengingat kembali nilai hiduo yang berhubungan dengan pekerjaan saat ini

-          Mengingat kembali dampak dari pekerjaan saat ini.

 

Tips meningkatkan produktivitas Dalam Bekerja

Menurut Kak Devy Chan, inilah hal-hal yang dapat meningkatkan produktivitas dalam bekerja ;

1, Mengetahui Tujuan Besarmu

2. Mengetahui Target

- Menyusun target/deadline dalam waktu dekat

Membuat to do list pekerjaan berdasarkan prioritas target

-Merayakan pencapaian-pencapaian kecil

3. Membuat Productivity Timer

- Menyisipkan waktu untuk bersenang-senang, beristirahat, melakukan hobi untuk meningkatkan produktivitas

- Mencoba membuat timer untuk bekerja dan beristirahat seperti misalnya 25 menit bekerja, 5 menit istirahat

 

Mindtera, Platform Edukasi Untuk Kecerdasan Emosi, Sosial, Fisik dan Pengembangan diri



Saya sudah unduh aplikasi Mindtera di android saya melalui playstore dan bagi teman-teman yang menggunakan IOS dapat mengunduhnya di sini. Saya sudah mempraktikkannya selama beberapa hari ini. Saya merasa lebih semangat dan segar dalam beberapa hari ini. Bagi yang belum kenal dengan saya secara personal barangkali belum tahu jika saya single mom dengan 3 anak, dimana salah satu anak saya ada yang berkebutuhan khusus dengan diagnosa autis, Keadaan ini kadang membuat saya merasa lelah dan stress, apalagi jika ada pekerjaan yang menumpuk yang harus segera diselesaikan dalam waktu bersamaan. 



Inilah yang saya rasakan setelah 

Hidup menjadi lebih semangat dan saya mampu mengerjakan hal-hal yang tadinya terasa berat menjadi lebih mudah dan ringan ini karena Mindtera membantu saya mengelola hidup lebih baik. Dan dengan Mindtera #semuaBisaDikelola

Mindtera merupakan aplikasi edutech pengembangan diri melalui multiple intelligence pertama di Indonesia lho teman-teman. Wah keren banget ya. Senang sekali rasanya dapat kesempatan ikut webinar dan tahu tentang hal ini.  Yang membuat saya ingin selalu masuk kelasnya karena mindtera memiliki program berjenjang tidak lebih dari 5 menit sehari dan dibawakan oleh fasilitator profesional dan berpengalaman. Wow... hanya dengan meluangkan waktu 5 menit secara berkala kita bisa menghilangkan stress, dapat mendapatkan semangat baru dan hidup sehat. Semua ini bisa kita dapatkan jika kita bisa mengelolanya dan mindtera membantu mewujudkan itu. Jadi, jangan ragu-ragu untuk mengunduh aplikasinya dan rasakan manfaatnya yang begitu besar.

 Untuk informasi lebih lanjut, teman-teman dapat mengunjungi akun Mindtera

website : www.mindtera,com

instagram : @mindtera,id

Facebook : Mindtera

Twitter : @mindteraID

Referensi

www.mindtera.com


Hapsari Adiningrum
Melihat Arfa kecilku tumbuh berkembang dimana aku adalah saksi pertamanya adalah hal yang paling menakjubkan dalam hidup. Arbaca adalah segalanya, namun PemilikNya lebih utama. Memiliki tiga buah hati dan berharap dapat membersamai mereka hingga dewasa. Seorang ibu yang ingin selalu belajar tentang apapun sampai kapanpun.
Terbaru Lebih lama

Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar