header hapsari adiningrum

Catatan Kecil, Ketika Mama Akan Menikah Lagi (1)

 Menikah lagi setelah ada anak tentu tak semudah ketika masih sendiri. Ada anak-anak yang perlu dimintai pendapatnya. Saya tak memandang usia Barra masih 11 tahun dan Caca 8 tahun. Dialog-dialog kami nanti akan saya tuliskan di bawah ya. Meminta pendapatnya adalah bentuk menghargai keberadaannya dan isi pikiran anak. 

Memang mau nikah lagi dalam waktu dekat ini?. Belum tahu, lha wong calonnya saja belum ada. Hahahaha. Tapi memang masuk tahun 2023 ini setelah 7 tahun kepergian almarhum suami ,saya mulai berani bersungguh-sungguh minta jodoh. Sebuah nasehat diberikan oleh teman, berdoa sekarang jangan nunggu siap. Jangan nunggu ketika dapat kenalan. Berdoalah sekarang ada dipersiapkan. Baiklah, ketika doa dilangitkan maka saya juga mulai mempersiapkan anak-anak. Ntah nanti datang pelan atau cepat, semua pasti dalam waktu yang tepat dan terbaik menurut Sang Pemberi Jodoh.

Inilah dialog saya dan Barra

Mama : "Kak, misalnya kalau mama nikah lagi gimana?

Barra : " yaah nggak gimana-gimana, aku sih netral-netral aja".

Mama : " Selama ini kita kan berempat, kalau mama nikah lagi jadi ada papa baru"

Barra : " Ya udah tetap berempat saja. Kok rasanya nanti agak aneh ya". 

Mama : " iya sih kak, kita udah 7 tahun berempat sama-sama terus. Kalau ada keluarga baru pasti nanti adaptasi dulu. Kayak kakak dulu masuk kelas 1 SD ketemu teman baru ,kelas baru pasti gugup kan"

Barra : " Nggak kok, aku nggak gugup, biasanya saja kan udah kenal teman dari TK".

Mama : " Iya sih kak. Kayak kakak dulu bilang telat main futsal trus gugup. Tapi setelah itu jadi biasa kan. Nanti mungkin awalnya juga begitu. Aneh dan gugup tapi lama-lama juga biasa kok.  Mama juga pengen seperti keluarga lengkap lainnya, ada papa".

Barra : " Aku nanti kalau ulang tahun minta dibeliin PS aja"


Mama : ------ 😌😌

Mama : " punya papa bukan buat pengen barang-barang aja kak. Nanti ada yang menyayangi, kasih nasihat, ngarahin"

Barra : " Kan selama ini mama yang ngarahin, udah mama saja yang ngarahin"

Mama : " Tapi kalau ada laki-laki dewasa pasti beda kak cara ngarahinnya.  Buat mama juga mama ada yang menyayangi mama. Bisa membimbing mama jadi lebih baik lagi. 

Barra " Tapi kayaknya aneh aja. Nanti kalau jemput sekolah temen-temen nanya gimana. Itu siapa?"

Mama : Ya jawab aja papaku. Tahu nggak apa namanya papa tapi bukan papa kandung?"

Barra : " Duda"

Mama : "Hahahahaha.... Namanya papa sambung kak. Karena ada laki-laki yang nikah sama mama trus jadi papa baru".

Obrolan sempat terhenti karena kehabisan ide. Hari ini, 19 Januari 2023 jadi catatan kecil untuk pelan-pelan membuka hatinya. Dari obrolan sore ini nampaknya Barra nggak terlalu ingin punya papa lagi. 

Mama : " Barra lihat nggak bedanya Barra sama teman-teman yang punya papa?"

Barra : " Nggak ada. Biasa-biasa saja tuh".

Nggak apa-apa nak. Pelan-pelan saja ya. Mama juga belum bisa menjelaskan apa yang bisa kamu dapatkan ketika memiliki papa baru. Percayalah, ketika nanti mama lagi kamu nggak akan pernah kehilangan sedikitpun kasih sayang mama. 


7 tahun menjalani hidup tanpa papa dan Barra merasa baik-baik saja. Merasa dirinya dapat tumbuh dan merasakan kasih sayang dengan baik. Satu sisi saya bersyukur dengan keadaan ini. Namun ada sisi lain yang juga ingin dia merasakannya.

Bagi single mom  seperti saya, rasanya bisa membuat keluarga masih tetap berdiri dan tegak dan bertumbuh merupakan perjuangan dan komitmen besar. 

Menurut teman-teman, apa yang akan dirasakan anak yang memiliki seorang ayah?. 

------

Catatan. Barra anak kedua yang sekarang berumur 11 tahun. Papanya meninggal sejak umurnya hampir 5 tahun. 




Hapsari Adiningrum
Melihat Arfa kecilku tumbuh berkembang dimana aku adalah saksi pertamanya adalah hal yang paling menakjubkan dalam hidup. Arbaca adalah segalanya, namun PemilikNya lebih utama. Memiliki tiga buah hati dan berharap dapat membersamai mereka hingga dewasa. Seorang ibu yang ingin selalu belajar tentang apapun sampai kapanpun.
Terbaru Lebih lama

Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar